Taman Negara Malaysia : Bertualang di Hutan Hujan Tropis Negeri Jiran

0

Malaysia merupakan negara destinasi liburan favorit mengingat jaraknya yang tidak terlalu jauh serta memerlukan biaya yang masih terjangkau dalam hal transportasi maupun biaya hidup. Pesona Malaysia sendiri tidak hanya tentang kuliner dan budaya saja, namun banyak tempat-tempat menarik yang sangat cocok untuk destinasi wisata anda. Salah satunya adalah Taman Negara Malaysia.

Taman Negara Malaysia : Bertualang di Hutan Hujan Tropis Negeri Jiran

Mengenal Taman Negara Malaysia

Salah satu taman nasional tertua di Malaysia ini terbentang sepanjang 1.677 mil yang terdiri dari hutan, sungai, dan gunung. Taman ini memiliki pohon-pohon yang hijau nan rindang sehingga ekosistem baik flora maupun fauna disini dapat terjaga dengan baik. Tidak sampai disitu saja, Taman Negara juga dinobatkan sebagai hutan hujan tertua di dunia yang berusia kurang lebih 130 juta tahun

Kelebihan dari taman ini adalah aksesnya yang cukup mudah, infrastruktur yang baik dan senantiasa dijaga, serta biaya yang cukup terjangkau. Hal-hal tersebutlah yang membuat taman negara tidak pernah sepi dari kunjungan baik itu wisatawan lokal maupun asing

Data Fakta Taman Negara Malaysia

  • Negara : Malaysia
  • Kota : Kuala Tahan
  • Alamat :  27000 Kuala Tahan, Pahang, Malaysia
  • Jenis Wisata : Alam
  • Website : http://www.tamannegara.asia/

Tarif Retribusi Masuk Taman Negara Malaysia

Faktor biaya memang menjadi salah satu pertimbangan banyak orang sebelum mengunjungi sebuah destinasi wisata. Jika anda berkunjung ke Taman Negara tidak usah khawatir soal biaya, karena tiket masuk maupun wahana yang ada di dalam taman ini memang sangat terjangkau. Berikut informasi lengkapnya.

Baca Juga :  Batu Caves : Wisata Religi dan Alam di Selangor Malaysia

  • Tiket Masuk Taman : RM 1 (sekitar Rp. 3.000)
  • Izin Untuk Foto: RM 5 (sekitar Rp. 16.000)
  • Izin Untuk Memancing: RM 10 (sekitar Rp. 33.000)
  • Tiket Masuk Masuk Canopy Walk: RM 5 (sekitar Rp. 16.000)
  • Menyeberangi sungai dengan perahu ke pintu masuk taman seharga RM 1 (sekitar Rp. 3.000) untuk sekali jalan.

Sebaiknya sebelum berlibur ke Malaysia anda harus menyiapkan uang Ringgit terlebih dahulu sehingga anda tidak perlu lagi pergi ke ATM atau bingung mencari jasa penukaran uang.

Waktu Terbaik untuk Mengunjungi Taman Negara

Hampir sepanjang tahun Taman Negara mengalami hujan lebat. Periode terkering adalah antara Maret dan September. Anda bisa mengunjungi taman ini pada bulan Maret dan April karena pada bulan ini hujan melambat tetapi musim puncak belum tiba. Banyak spesies burung memulai musim kawin dan lebih mudah dikenali di musim semi.

Selain itu taman ini juga ramai dikunjungi pada bulan Mei dan Agustus karena di eropa sedang terjadi musim dingin. Banyak wisatawan yang datang dari negara yang sedang dilanda musim dingin. Mereka mengunjungi taman negara untuk mencari udara yang hangat dan segar 

Aktivitas Seru di Taman Negara Malaysia

Berada di taman negara, anda dapat melakukan aktivitas liburan yang bermacam-macam. Kebanyakan wisatawan datang ke taman ini adalah untuk hiking dan mengamati burung karena di taman ini ada banyak spesies burung. Aktivitas lain yang dapat anda lakukan adalah :

  1. Masuk untuk melihat area sekitar taman : Anda dapat mengunjungi halaman taman yang mempunyai berbagai spesies tumbuhan menawan. Selain itu akan ada video informatif yang ditampilkan di Ruang Interpretatif pada pukul 9 pagi, 3 sore, dan 5 sore.
  2. Canopy Walk : anda juga bisa merasakan pengalam ekstrem dengan masuk ke wahana ini Jembatan ini merupakan salah satu wahana di taman negara yang mempunyai panjang 1.738 kaki ini dan terbentang melintasi jurang sedalam 130 kaki. Ketika melintasi jembatan ini anda akan disuguhkan dengan beberapa burung dan monyet yang ada di taman nasional.
  3. Smell the Trees : di taman negara anda juga akan menemui pohon ini. Getah dari satu spesies pohon ini berbau dan terasa seperti cola!
  4. Temui Orang Asli : terdapat banyak pemukiman warga di sekitar taman negara. Anda biasanya akan disambut dengan ramah oleh penduduk sekitar. Silahkan jika anda ingin berinteraksi langsung dengan mereka. Namun ingat, harus tetap menjaga etika dan sopan santun. 
  5. Kunjungi Kelah Sanctuary : merupakan sebuah cagar alam yang masih alami, selain itu di sini juga terdapat air terjun lengkap beserta ekosistem air yang sangat indah.
  6. Hiking di Taman Negara : Anda juga bisa untuk mendaki di taman negara baik secara mandiri ataupun dengan partner anda, namun sebaiknya dengan didampingi pemandu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan mengingat alam di taman ini masih sangat alami jadi sangat berbahaya apabila anda belum mengenal medan dan situasi di tempat tersebut.

Baca Juga :  10 Oleh-oleh Malaysia, dari Dodol Malaysia hingga Kain Batik Lokal

Wisata Kuliner yang Ada di Taman Negara

Di Taman Negara anda akan banyak menemui kuliner-kuliner khas Malaysia yang tradisional. Selain makanan lokal adapula makanan vegetarian, India, dan Barat dapat ditemukan dengan harga yang sangat terjangkau

Banyak wisatawan yang memilih untuk berburu masakan ikan segar mengingat disini ikan segar sangat melimpah sekali. Berbagai macam restoran menyajikan olahan ikan segar. Namun yang paling unik adalah restoran yang terapung di atas air, anda akan merasakan sensasi tersendiri ketika menyantap hidangan ikan segar di atas restoran terpung.

Jika anda telah puas mengunjungi Taman Negara, alangkah baiknya anda membawa buah tangan khas daerah untuk dibawa pulang ke rumah. Jika ingin ke indonesia anda bisa untuk menuju ke kuala lumpur terlebih dahulu karena di sana harga tiket pesawat ke kalimantan sangat terjangkau

Akses untuk Menuju ke Taman Negara Malaysia

Untuk menuju Taman Negara anda hanya membutuhkan waktu sekitar 3,5 jam dari Kuala Lumpur. Untuk menuju ke sana yang pertama-tama anda bisa menuju ke kota Jerantut yang terletak tepat di selatan di taman nasional, negara bagian Pahang, Malaysia.

Menuju ke kota Jerantut, anda bisa naik Bus dan kendaraan wisata yang berangkat dari berbagai titik di Malaysia menuju Jerantut. Setelah anda tiba di Jerantut kemudian silakan untuk memilih naik bus atau perahu menuju ke Kuala Tahan.

Jika anda pilih untuk naik bus hanya akan memakan waktu 90 menit untuk sampai di Kuala Tahan. Namun jika anda ingin untuk pergi dengan menggunakan perahu anda bisa saja akan memakan waktu sekitar 2-3 jam. Anda tidak perlu khawatir jika akan merasa bosan karena anda akan disuguhkan oleh pemandangan hamparan laut yang sangat indah. 

Baca Juga :  Inilah Tempat Wisata Di Malaysia Yang Paling Megah

Kesimpulan

Itu dia ulasan mengenai destinasi wisata Taman Negara yang ada di Malaysia. Pastinya bisa menjadi rekomendasi tujuan wisata anda bersama keluarga mengingat tempatnya yang eksotis dan yang paling penting dengan budget yang sangat terjangkau.

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)