10 Oleh-oleh Malaysia, dari Dodol Malaysia hingga Kain Batik Lokal

0

Melancong ke Malaysia tak lengkap rasanya jika pulang tak membawa apa-apa. Buah tangan memang suatu pelengkap perjalanan yang wajib bagi beberapa orang, apalagi setelah berliburan ke luar negeri. Namun, tak sedikit orang yang bingung harus membawa apa sebagai oleh-oleh untuk di tanah air.

10 Oleh-oleh Malaysia, dari Dodol Malaysia hingga Kain Batik Lokal

Jika kamu ke Malaysia, tak perlu bingung menentukan oleh-oleh perjalananmu. Ada banyak pilihan makanan maupun barang khas Negeri Jiran ini. Kamu hanya perlu menyesuaikan budget kamu dengan oleh-oleh yang akan dibeli.

Apa saja sebenarnya signature dari negara tetangga Indonesia ini? Di mana tempat untuk membeli oleh-oleh dengan harga bersahabat di Malaysia? Simak beberapa daftar oleh-oleh favorit beserta tempat belanja yang bisa kamu jadikan referensi berikut ini.

Oleh-oleh Makanan Malaysia

Sudah bukan rahasia lagi jika Malaysia merupakan negara dengan sederet wisata kuliner yang menarik. Ada berbagai macam makanan lezat yang menggoda lidah di negara ini. Beberapa diantaranya dapat kamu jadikan oleh-oleh lho.

Dodol Malaysia

Sepertinya kamu sudah tidak aneh dengan jenis makanan yang satu ini, bukan? Ya, dodol merupakan makanan yang kenyal dan manis. Dodol tradisional biasanya berwarna coklat karena bahan baku utamanya adalah gula merah.

Namun, kini terdapat banyak variasi dodol Malaysia yang hadir dengan berbagai macam rasa. Yang terkenal adalah dodol rasa durian dan pandan. Aroma wangi dodol pandan menjadi favorit banyak orang. Kamu bisa mendapatkan dodol Malaysia ini dalam berbagai ukuran.

Teh Boh

Siapa yang tak kenal dengan teh tarik? Teh khas Malaysia ini sudah sangat mendunia. Di Indonesia sendiri, teh yang satu ini sudah banyak ada di berbagai tempat makan atau pusat perbelanjaan. Meskipun demikian, tak ada salahnya jika kamu membawa teh tarik langsung dari negara asalnya untuk oleh-oleh.

Baca Juga :  Inilah Tempat Wisata Di Malaysia Yang Paling Megah

Salah satu merk teh tarik instan yang sangat terkenal di Malaysia adalah Teh Boh. Rasa rempah dalam teh ini sangat khas. Tehnya pun cukup kental. Tak aneh jika teh ini menjadi idola para warga lokal maupun wisatawan.

Coklat Durian

Kamu pun dapat membawa coklat durian sebagai oleh-oleh Malaysia. Durian merupakan buah yang sangat terkenal di sini. Terdapat berbagai macam jenis olahan durian di Malaysia. Coklat yang diisi dengan pasta rasa durian ini merupakan salah satu primadonanya. Bayangkan saja percampuran rasa kakao dan durian. Kamu dijamin akan menyukainya.

Old Town White Coffee

Old Town White Coffee merupakan produk Malaysia yang sudah melanglang buana hingga kancah internasional. Kopi ini sudah ada sejak 1999. Awalnya kopi ini diproduksi di sebuah restoran. Karena rasanya yang nikmat, kopi ini pun dipasarkan kemana-mana. Kopi Malaysia yang satu ini hadir dalam rasa hazelnut, moka, gula tebu, dan berbagai rasa lainnya.

Cekodok

Cekodok adalah sejenis kue yang digoreng. Bahan utama makanan ini adalah udang, ikan, gula, dan pisang. Kesemua bahan ini dicampur lalu digiling dan dibentuk bulat sebelum digoreng. Cekodok ini bentuknya cukup mengembang meskipun tidak diberi tambahan bahan pengembang. Kamu dapat membungkus cekodok untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Tapi, makanan yang satu ini tidak bertahan lama. Jadi, kamu harus membelinya sesaat sebelum kamu meninggalkan Malaysia. 

Oleh-oleh Non-makanan Malaysia

Selain makanan, kamu pun dapat memberi oleh-oleh dalam bentuk barang. Oleh-oleh dalam bentuk non-makanan ini sangat tepat untuk dijadikan kenang-kenangan. Selain lebih tahan lama, oleh-oleh ini pun tidak mudah rusak dalam perjalanan.

Kain Batik

Bukan hanya Indonesia saja yang kaya akan batik, Malaysia pun memiliki kain batiknya sendiri. Jika sanak saudara di rumah hobi mengoleksi berbagai macam kain, maka barang yang satu ini dapat dijadikan oleh-oleh yang sangat tepat. Batik ini bisa dijadikan bahan pakaian ataupun hiasan dinding.

Baca Juga :  Batu Caves : Wisata Religi dan Alam di Selangor Malaysia

Batik Malaysia kaya akan warna cerah. Yang umum dijadikan motif pada batik ini adalah gambar bunga. Motif ini kebanyakan dicetak dengan menggunakan cetakan blok.

Songket Malaysia

Jika kamu memiliki budget lebih, kain songket dapat dijadikan opsi oleh-oleh juga. Kainnya yang mewah dan dihiasi benang emas ini tentunya akan memikat siapapun yang melihatnya. Kain songket Malaysia ini dapat dijadikan bahan pakaian, taplak meja, tas, atau hiasan dinding.

Wau 

Wau adalah layangan tradisional Malaysia. Layangan ini berbentuk seperti bulan sabit atau simbol-simbol pada maskapai Malaysia. Dulunya, wau digunakan untuk berkompetisi antar para pria di Kelantan. Kini, layangan ini bisa kamu kemas sebagai oleh-oleh khas Malaysia.

Kaos Malaysia

Kaos dengan tulisan ‘I Love Malaysia’ ataupun gambar menara kembar Petronas merupakan alternatif oleh-oleh Malaysia. Dengan budget minimalis, kamu tetap bisa membawa oleh-oleh ini ke rumah. Pastikan kamu memilih kaos dengan kualitas bahan yang baik ya.

Gantungan Kunci

Jika kamu ingin membeli oleh-oleh dalam bentuk banyak tapi tak ingin bagasimu penuh, gantungan kunci adalah jawabannya. Uang yang harus dikeluarkan pun tidak akan menguras dompet. Biasanya, semakin banyak kamu membeli, harga yang ditawarkan pun semakin murah. 

Tempat Belanja Oleh-oleh Murah di Malaysia

Tak jarang membeli oleh-oleh membuat budget membengkak. Bahkan, bagi beberapa orang yang memang hobi belanja dan mempunya keluarga besar di tanah air, pengeluaran untuk oleh-oleh bisa menyamai atau melebihi budget liburannya. Apakah kamu pernah juga mengalami hal tersebut?

Jangan khawatir jika kamu berliburan di Malaysia. Negara ini memiliki tempat belanja oleh-oleh yang tidak akan membuat dompetmu bocor. Pastikan kamu mengunjungi tempat-tempat di bawah ini untuk berburu oleh-oleh di Negeri Jiran ya.

Baca Juga :  Tips Wisata ke Kuala Lumpur ala Backpacker

Sungei Wang Plaza

Sungei Wang Plaza adalah surga belanja hemat di Malaysia. Kamu akan dapat menemukan berbagai jenis oleh-oleh untuk dibawa pulang di tempat ini. Pakaian, aksesoris, coklat, hingga games semua ada di sini. Untuk pakaian, harganya ada di kisaran RM 30 hingga RM 40 saja. Untuk menuju Sungei Wang Plaza, kamu bisa menaiki monorel dan berhenti di stasiun Imbi atau Bukit Bintang.

Jalan Petaling

Jalan Petaling merupakan Kawasan Pecinannya Malaysia. Dari pagi hingga malam hari, kawasan ini selalu ramai. Oleh-oleh dan juga makanan di jual para pedagang kaki lima di sini. Kaos, gantungan kunci, atau hiasan magnet dapat kamu beli di Jalan Petaling ini. Jangan lupa menawar sebelum membeli ya. Untuk ke sini, kamu bisa naik LRT dan turun di stasiun Pasar Seni.

Central Market

Meskipun berupa pasar, tapi Central Market merupakan tempat yang nyaman untuk berbelanja oleh-oleh. Pasar ini memiliki pendingin ruangan sehingga kamu tidak perlu takut kepanasan. Central Market dikenal juga dengan Pasar Seni atau Pasar Budaya di Malaysia.

Pasar ini mayoritas berisi benda-benda seni dan etnik yang unik dan antik. Patung, kain, kotak pensil, sandal, gantungan kunci, semuanya dapat kamu jumpai di sini. Beberapa toko memberi harga pas, namun banyak juga yang harus tawar-menawar dulu untuk mendapatkan harga akhir. Central Market ini berjarak sangat dekat dengan Jalan Petaling, hanya 4 menit berjalan kaki.

Kesimpulan

Nah, sekarang kamu sudah mulai bisa menyusun daftar belanjaan oleh-oleh Malaysia untuk para sahabat dan kerabat di rumah, bukan? Pastikan budget liburanmu tidak bocor karena belanja oleh-oleh ya. Pastikan juga kamu memeriksa kondisi barang yang dibeli maupun tanggal kadaluarsanya sebelum bertransaksi. Dengan demikian, oleh-olehmu akan tetap dalam kondisi prima ketika sampai di tangan para keluarga.

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)