Batu Caves : Wisata Religi dan Alam di Selangor Malaysia

0

Masih dalam suasana liburan, kali ini Pariwisata Indonesia akan membahas mengenai salah satu destinasi wisata di Asia, tepatnya di Malaysia, yang bisa kamu masukkan dalam bucket list untuk liburanmu. Yap, wisata Batu Caves, wisata ini bukan hanya memiliki pamor di masyarakat lokal saja, namun juga sudah menjadi salah satu destinasi wisata wajib bagi para pelancong dan turis yang datang ke Malaysia.

Batu Caves : Wisata Religi dan Alam di Selangor Malaysia

Nah bagi kamu yang berencana untuk liburan ke luar negeri di tahun ini, agaknya Batu Caves akan tepat untuk dijadikan tujuannya, sebab sangat cocok jika didatangi bersama keluarga, maupun jika kamu jalan-jalan sendirian atau backpacker-an. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus kamu ketahui mengenai wisata Batu Caves

Sekilas Tentang Batu Caves

Seperti namanya, batu Caves, merupakan sebuah daerah wisata di Malaysia, yang lanskapnya berbentuk bukti-bukit dengan bahan dasar kapur. Bukit kapur ini begitu unik, sebab ternyata sudah melewati masa selama kurang lebih setengah abad lamanya. Karena itu kemudian pada tahun 1878 tempat ini sudah mulai dipromosikan sebagai salah satu daerah wisata milik Malaysia.

Barulah kemudian ketika memasuki sekitar tahun 1890an, di tempat ini mulai dibangun sebuah kuil, yang saat ini dikenal dengan nama Kuil Caves atau Temple Caves. Saat ini di Temple Caves tiap tahunnya biasanya diadakan perayaan oleh umat agama Hindu, dengan acara sakral yang dinamai Thaipusam. Acara ini kemudian menjadi salah satu daya tarik para wisatawan untuk berkunjung.

Baca Juga :  Inilah Tempat Wisata Di Malaysia Yang Paling Megah

Bagaimana sensasi untuk berada dalam sebuah perbukitan kapus dengan umur yang sudah hampir setengah abad, sambil menyaksikan kebudayaan dan ritual keagamaan Hindu, merupakan pengalaman unik dan agaknya sangat sulit untuk ditemukan di spot wisata lain.

Data Fakta Batu Caves

  • Negara : Malaysia
  • Kota : Selangor
  • Alamat : Gombak, 68100 Batu Caves, Selangor, Malaysia
  • Nomor Telepon : +60 3-6189 6284
  • Jenis Wisata : Religi
  • Website : https://www.selangor.gov.my/gombak.php/pages/view/173
  • Dibuka : 1891

Lokasi dan akomodasi

Membahas mengenai rencana liburan ke Batu Caves, pastinya masalah lokasi dan juga keadaan akomodasi merupakan hal yang penting. Sebab menjadi salah satu hal krusial dalam perencanaan budget maupun waktu dalam berlibur. Bagaimana keadaan transportasi di daerah Batu Caves juga harus diketahui, apalagi jika kamu berasal dari luar Malaysia, yang berarti belum terlalu memahami kondisi lingkungan dan jalan yang ada di sana.

Batu Caves secara lebih spesifik berada di Selangor. Jika membahas mengenai transportasi menuju ke tempat tujuan wisata ini, sebenarnya ada beberapa jenis pilihannya. Kamu bisa datang ke sana menggunakan transportasi mobil pribadi ataupun dengan menggunakan taksi, dengan memilih jalur utama, di MRR2, di daerah batu caves.

Selain menggunakan mobil sewaan ataupun taksi, kamu juga bisa menggunakan komuter train. Jika menggunakan ini maka kamu sebaiknya berangkat dari KL Sentral, untuk kemudian menempuh perjalanan ke Selangor selama kurang lebih 30 menit. Bukan hanya mobil ataupun kereta tapi batu caves juga ternyata bisa dijelajahi dengan menggunakan mono rail, dan juga bis.

Jalur yang satu ini sangat cocok bagi kamu yang ingin mengeksplor Malaysia, dengan menikmati pemandangannya. Jika ingin berangkat dengan mono rail, kamu bisa memulai dari daerah stasiun di Titiwangsa, barulah kemudian kamu menggunakan tumpangan bus untuk bisa sampai ke lokasi wisata.

Ada banyaknya pilihan transportasi menuju ke lokasi batu caves ini akan sangat memudahkan kamu selama berlibur. Karena itulah tadi dikatakan bahwa batu caves ini bisa kamu jadikan destinasi liburan untuk sendirian ataupun bersama-sama dengan keluarga, pasangan, maupun teman-teman.

Apa yang unik dari destinasi wisata Batu Caves?

Selain karena memang bernilai sejarah dan merupakan salah satu wisata yang umurnya sangat tua di Malaysia, ternyata batu caves juga memiliki banyak spot-spot unik, yang menarik untuk dikunjungi.

Ratusan anak tangga

Di Puncak dari Temple Caves amu akan menempuh perjalanan yang lumayan menguras tenaga di sini. Sebab memang harus menanjaki dulu anak-anak tangga yang jumlahnya mencapai 272 anakan tangga.

Setelah kamu sampai di bagian puncaknya, jangan Tanya seperti apa keindahan yang bisa kamu saksikan. Selain bisa melihat kuil untuk ibadah dan upacara agama Hindu yang diadakan tiap tahunnya di batu caves, kamu juga bisa menikmati pemandangan seluruh kota dari puncak ini. Sangat indah dan memuaskan. Terbayar sudah lelah yang sudah dilewati.

Oh iya, jika melewati tangga-tangga ini, jaga selalu barang bawaanmu ya, sebab memang kamu akan didekati oleh banyak kera. Tapi mereka tidak buas kok, dan sudah terbiasa dengan para wisatawan, tenang saja.

Rumah laba-laba langka

Ketika kamu sedang menempuh separuh jalan ke temple cave, kamu akan menemui rumah laba-laba langka, yang disebut dengan dark cave. Berbahagialah, karena di sini kamu bisa melihat banyak hal baru. Mulai dari mengetahui habitat hidup laba-laba langka, trapdoor, kemudian kamu akan menjelajahi gua, menikmati keadaan dan sensasi serunya, sambil diberikan edukasi mengenai bebatuan, hewan-hewan di dalamnya, dan tak lupa perjalanan sejarahnya.

Baca Juga :  Liburan Hemat ke Luar Negeri: Tips Wisata Murah ke Malaysia

Jangan khawatir, kamu akan ditemani oleh guide yang profesional, dan sudah terlatih. Selain itu keamananmu juga dijamin dengan memberikanmu pengaman seperti heml, dan juga senter sebagai penerang jalan.

Bagi kamu yang menginginkan tur lebih lama dalam gua, kamu bisa reservasi dulu ya, dna bisa disiapkan untuk mengikuti tur selama maksimal 4 jam. Di sini kamu akan puas menyusuri goa, bahkan sampai ke celah-celahnya. Ohiya, untuk wahana ini hanya boleh untuk usia 12 tahun ke atas, dan juga hanya dibuka slotnya pada akhir pekan.

Gua warna-warni

Setelah tadi diperkenalkan dengan Dark Cave, kamu bisa mengunjungi tempat yang lebih berwarna, yaitu Cave Villa. Di sini kamu akan menemukan banyak cahaya lampu dengan suasana hangat. Ditambah lagi, di sepanjang spot ini kamu akan mempelajari banyak sejarah, mengenai tokoh-tokoh dan mitologi dalam agama Hindu.

Bukan hanya itu, di sepanjang perjalanan kamu juga akan disuguhkan dengan banyak kata-kata damai, yang menyejukkan jiwa, berupa pigura dan plakat. Pada bagian ini kamu bahkan bisa belajar mengenai berbagai macam reptile, dan juga ular, yang telah disediakan di dalam.

Tiket Masuk Batu Caves

Setelah mengetahui beragam keunikan dari batu caves, wajar jika kamu bertanya mengenai, harus bayar berapa Ringgit Malaysia untuk bisa masuk ke tempat wisatanya? Jawabannya adalah gratis. Yap. kamu bisa masuk dan menikmati lokasi wisata di tempat ini dengan cuma-Cuma. Namun tetap harus menjaga lingkungan dan tidak berbuat jahil ya.

Kesimpulan

Nah itulah beberapa hal unik dan menarik, mengenai liburan ke batu caves, yang terletak di Selangor, Malaysia. Jangan lupa siapkan rencana liburanmu, dan siap-siap menikmati sensasi petualangan seru dan menarik di sini!

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)