Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Sejuknya Udara di Kawasan Wisata Air Terjun Pupuan

Wisata Air Terjun - Setelah sebelumnya kita membahas air terjun Gitgit, kini wahana wisata akan membahas objek wisata air terjun lainnya di Bali yang juga sangat menarik dan indah yaitu Air Terjun Blahmantung atau yang biasa disebut Air Terjun Pupuan.

Wisata Air Terjun Pupuan
Air Terjun Pupuan

Air terjun ini berada di Desa Pujungan, Kecamatan Pupuan, Tabanan, Bali. Tinggi dari Air Terjun Pupuan sekitar 50 meter. Air Terjun Pupuan diapit oleh tebing yang sangat tinggi yang letaknya tepat berada di tengah perkebunan kopi. Sebenarnya, di sekitar air terjun ini terdapat gazebo dan juga pura, tetapi kondisinya sudah sangat memprihatinkan.

Lokasi Wisata Air Terjun Pupuan

Sebenarnya, di sekitar kawasan air terjun ini masih terdapat 3 air terjun lainnya. Pada air terjun yang pertama, berada di dekat, tinggi dari air terjun ini kurang lebih sekitar 50 meter. Air terjun yang kedua berada di bawah air terjun yang pertama, jaraknya kurang lebih 200 meter. Sayangnya kita tidak bisa menuju air terjun yang kedua karena masih belum ada akses jalan untuk menuju ke sana. Kalaupun mau dipaksakan, maka anda harus melewati sungai yang mengalir ke arah bawah air terjun ini sehingga anda harus sangat berhati-hati.

Sedangkan pada air terjun yang ketiga, arah jalurnya tidak sama dengan air terjun yang pertama dan kedua. Anda harus melewati pertigaan lurus, tapi jangan mengambil jalur jembatan miring. Kemudian beberapa meter dari arah jembatan miring tersebut, anda ambil jalur ke kiri kemudian melewati jalur setapak yang berada tepat di samping anak sungai, dengan mengikuti jalan setapak tersebut nantinya anda akan sampai di Bendungan Irigasi Sabah Hulu.

Nah…. Air terjun yang ketiga ini letaknya tepat di seberang bendungan ini. Sayangnya, letak air terjun ketiga ini tidak dapat terlihat dengan jelas karena masih tertutup oleh semak belukar dan juga pepohonan yang ada di sekitarnya. Jika semua posisi air terjun ketiga ini bisa terlihat semua, anda akan takjub dengan keindahan air terjun ini.

Untuk sampai ke lokasi wisata air terjun Pupuan, maka anda harus menempuh perjalanan sejauh 70 km atau kurang lebih selama 2 jam. Jalur menuju air terjun Pupuan juga cukup baik karena jalurnya dilewati Jalan Raya Denpasar-Seririt-Singaraja, sehingga kondisi jalan diaspal dengan baik oleh pemerintah setempat. Jika anda berangkat dari jalan raya utama Desa Pujungan, maka anda harus menempuh jarak 1500 meter untuk sampai ke air terjun Pupuan.

Namun, jika anda berangkat dari Denpasar, maka anda bisa mengambil jalur menuju arah Tabanan atau Gilimanuk. Kemudian ikuti arah Jalan raya Denpasar – Gilimanuk hingga sampai di pertigaan Desa Antosari. Kemudian, anda belok kanan dan terus ikut jalan hingga tiba di Desa Pujungan kurang lebih 27 km dari Antosari. Setelah sampai di Desa Pujungan, anda akan melihat Air Terjun Blemantung di sebelah kanan jalan, kemudian belok kanan dan terus ikut jalanan yang belum diaspal hingga sampai di dekat jembatan yang menanjak.

Namun, di sini anda harus memarkir kendaraan di dekat rumah penduduk karena anda harus menempuh jalan setapak sejauh 400 m dengan melewati perkebunan kopi milik penduduk sekitar. Jalan setapak ini memiliki pegangan, sehingga anda tidak perlu khawatir akan terjatuh selama anda masih berpegangan dengan tepian anak tangga. Ikuti terus jalan setapak hingga sampai di Air Terjun Pupuan yang sangat indah.

Anda bisa menikmati udara yang sangat menyegarkan di sekitar lokasi wisata air terjun Pupuan. Selain itu, jika anda ingin ngemil, di sekitar air terjun ini juga terdapat warung makanan yang menyediakan makanan dan minuman yang bisa anda nikmati sambil bersantai dipinggir air terjun ini.

Posting Komentar untuk "Sejuknya Udara di Kawasan Wisata Air Terjun Pupuan"