Resep dan Cara Praktis Masak Sayur Tahu Kuah Santan Kuning

0

Resep sayur tahu kuah santan kuning akan wahana wisata bagikan pada kesempatan ini sehingga bisa dijadikan panduan dalam belajar memasak sayur tahu dengan kuah santan kuning dengan rasa yang gurih dan lezat. Tahu sendiri adalah bahan makanan yang biasa digunakan untuk dibuat lauk atau sayur. Orang indonesia sangat lekat dengan jenis makanan yang bernama tahu karena memang tahu menjadi makanan yang tidak memiliki rasa bosan ketika disantap. Olahan makanan yang berasal dari tahu juga memiliki cita rasa gurih dan enak bahkan tahu sendiri bisa menjadi menu wajib dalam hidangan keluarga oleh sebagian orang. Nah, kemungkinan Anda para pembaca tercinta juga sangat menyukai sayur tahu karena rasanya yang enak dan gurih. Tahu sendiri adalah jenis makanan sehat yang sangat baik untuk dijadikan menu hidangan sehari-hari sehingga membuat keluarga Anda sehat.

Tahu adalah makanan yang terbuat dari kedelai yang memiliki kandungan gizi dan protein yang tinggi sehingga bisa menjadi bahan makanan yang bisa mencukupi gizi dalam keluarga. Dalam tahu terkandung energi sebesar 68 kilokalori, karbohidrat 1,6 gram, protein 7,8 gram, kalsium 124 miligram, lemak 4,6 gram, fosfor 63 miligram dan zat besi sebesar 1 miligram. Selain itu dalam tahu juga terkandung vitamin A sebanyak 0 UI, vitamin B1 sebanyak 0,06 miligram dan juga vitamin C sebanyak 0 miligram. Jadi tahu yang kita konsumsi dimana bahan dasarnya adalah kedelai memiliki kandungan gizi yang sangat melimpah sehingga tahu bisa dikonsumsi secara rutin.

Melihat begitu banyak kandungan gizi, protein dan vitamin pada tahu maka Anda bisa memasukkan tahu ke dalam menu hidangan rutin dalam menu keluarga. Tentunya kita semua menginginkan keluarga kita sehat dan tercukupi kebutuhan gizinya dan hal itu bisa terwujud dengan menyajikan makan sehat untuk keluarga. Tahu sendiri dapat di olah menjadi hidangan yang sangat beragam dan bervariasi dengan cita rasa yang enak dan lezat. Salah satu hidangan yang berasal dari tahu adalah sayur tahu kuah santan kuning yang sangat terkenal dan menjadi masakan nusantara yang disukai oleh banyak orang. Selanjutnya untuk membantu Anda dalam membuat sayur tahu sendiri kami akan bagikan resep sayur tahu kuah santan kuning dengan rasa yang gurih dan lezat siap menggoyang lidah Anda.

Resep dan cara masak sayur tahu kuah kuning
Sayur Tahu Kuah Kuning

Nah, seperti yang kami sampaikan sebelumnya maka melalui artikel ini akan kami bagikan untuk Anda resep tahu kuah santan kuning dan langkah-langkah dalam memasaknya. Tahu sendiri memiliki tekstur seperti daging lembut sehingga membuat tahu sangat cocok untuk dijadikan hidangan dalam keluarga. Sebelum memasak sayur tahu kuah kuning terlebih dahulu dipersiapkan bahan dan bumbu yang dibutuhkan. Untuk bahan-bahan yang digunakan untuk membuat sayur tahu kuah santan kuning diantaranya tahu, santan, serai, merica bubuk, lengkuas dan daun salam. Sedangkan untuk bumbu yang digunakan untuk memasak sayur tahu santan kuning diantaranya bawang merah, bawang putih, cabai, kunyit dan ketumbar. Nah untuk selengkapnya mengenai bahan dan bumbu sayur tahu kuah santan kuning dapat melihat daftar di bawah ini.

Bahan Sayur Tahu Kuah Santan Kuning

  • 200 gram tahu kuning potong bentuk segitiga.
  • 800 ml santan kelapa.
  • 1 batang serai yang dimemarkan.
  • 1/2 sendok teh merica bubuk.
  • 3/4 sendok makan garam.
  • 2 cm lengkuas.
  • 3 lembar daun salam.
  • Gula pasir secukupnya.
  • Penyedap rasa secukupnya.
  • Minyak goreng secukupnya untuk menumis.

Bumbu Yang dihaluskan

  • 4 butir bawang merah.
  • 2 siung bawang putih.
  • 5 buah cabai merah keriting.
  • 2 cm kunyit.
  • 1 sendok teh ketumbar.

Cara Memasak Sayur Tahu Kuah Santan Kuning

  1. Langkah pertama dalam membuat sayur tahu kuah santan kuning adalah menghaluskan bumbu kemudian tumis menggunakan minyak goreng sampai mengeluarkan aroma harum.
  2. Masukan daun salam, serai dan lengkuas lalu aduk-aduk beberapa saat.
  3. Selanjutnya masukan tahu kemudian aduk-aduk sampai bumbu merata lalu tambahkan santan dan aduk-aduk kembali.
  4. Tambahkan garam, penyedap rasa, merica dan gula pasir lalu aduk-aduk kembali kemudian tunggu sampai mendidih dan sayur tahu matang.
  5. Setelah sayur tahu matang matikan api dan siap disajikan.

Sajikan sayur tahu bersamaan dengan nasi putih hangat sehingga membuat hidangan menjadi lebih mantap untuk disantap. Anda bisa menambah lauk lainnya sebagai pelengkap hidangan seperti kerupuk, sambal dan lalapan. Dengan mampu menguasai cara memasak sayur tahu santan kuning maka Anda bisa memberikan hidangan sehat dan enak untuk keluarga dengan harga yang ekonomis. Jika Anda memasak dalam jumlah besar maka bisa menambah jumlah bahan dan bumbu yang kami bagikan pada resep kali ini.

Sampai di sini kita telah selesai membuat sayur tahu dengan kuah santan kuning yang memiliki cita rasa yang enak dan lezat. Kami berharap resep yang kami bagikan kali ini dapat memandu Anda dalam belajar memasak sayur tahu kuah santan kuning.

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)