Iklan

Tips Wisata ke Kuala Lumpur ala Backpacker

EDY SYAM
Sabtu, 11 Desember 2021, Desember 11, 2021 WIB Last Updated 2022-07-13T11:38:05Z

Tips Wisata ke Kuala Lumpur ala Backpacker
Batu Caves Malaysia

Kuala Lumpur memang bukan pusat pemerintahan Malaysia, yang letaknya berada di Putra Jaya, namun Kuala Lumpur sudah seperti kota metropolitan ala Malaysia. Selain sebagai kota sentral dari Malaysia, Kuala Lumpur memiliki bandara kelas internasional sendiri dan tentu saja memiliki banyak wahana wisata bagi Anda para wisatawan. Tapi jangan takut dulu dengan cap kota metropolisnya Kuala Lumpur. Anda tetap dapat berkunjung ke sana dengan budget terbatas, kok. Anda hanya perlu tahu beberapa tips wisata ke Kuala Lumpur, terutama bagi Anda yang tertarik untuk backpacking.

1. Transportasi di Kuala Lumpur

Di Kuala Lumpur, fasilitas transportasi umumnya jauh lebih baik dibandingkan di Indonesia, sehingga Anda sebagai wisatawan tidak perlu khawatir akan kesulitan berjalan-jalan menggunakan transportasi umum. Selain itu, Anda tidak perlu menyediakan modal yang besar untuk berkeliling Kuala Lumpur dengan nyaman, karena tarif tiket transportasi umumnya termasuk murah, bahkan ada juga yang tanpa dipungut biaya alias gratis. Nah, di Kuala Lumpur tersedia beberapa macam transportasi umum, yakni kereta dan bus, tak lupa juga taksi.

  • Untuk kereta, ada yang dinamakan LRT, Monorail, serta Komuter. Ketiga jenis kereta ini saling terintegrasi alias saling melengkapi rute namun berbeda bentuk, fasilitas serta tarifnya. Sedangkan untuk bus, Kuala Lumpur punya Bus RapidKL yang berbayar dan bus Go-KL yang didedikasikan untuk wisatawan luar Malaysia tanpa dipungut biaya.
  • Agar lebih praktis, sebaiknya Anda membeli kartu Touch ‘n Go atau TnG yang dapat digunakan untuk membeli tiket semua jenis transportasi umum tersebut (kecuali Go-KL) dengan top up minimal 10 RM saja. Kartu ini dapat Anda beli di berbagai stasiun yang tersedia.
  • Jika Anda ingin berkeliling Kuala Lumpur dengan lebih nyaman, Anda bisa pilih taksi. Namun ingat juga tips wisata ke Kuala Lumpur lainnya yaitu tanyakan apakah taksi menggunakan argo atau tidak. Selain itu, pastikan Anda paham rute perjalanan dari peta atau GPS. Kedua hal ini perlu dilakukan untuk menghindari kena tipu oleh supir taksi lokal yang tahu bahwa Anda adalah wisatawan.

2. Penginapan

Ada banyak tersedia penginapan murah seperti hotel bintang 2, hostel atau bed and breakfast yang tersebar di banyak kawasan Kuala Lumpur. Kawasan favorit wisatawan untuk bermukim sementara di Kuala Lumpur adalah Bukit Bintang. Selain banyak penginapan murah dan nyaman, lokasinya pun cukup strategis untuk berwisata.

3. Obyek Wisata

Sebelum keberangkatan, pastikan Anda sudah melakukan riset kecil-kecilan tentang obyek wisata apa yang akan dikunjungi selama di Kuala Lumpur. Berikut ini adalah beberapa obyek wisata yang dapat Anda nikmati tanpa pungutan biaya alias gratis:

  • Pemerintahan Pusat Putrajaya

Putrajaya menjadi lokasi dari bangunan-bangunan megah pemerintahan di Malaysia, dan para wisatawan diperbolehkan untuk melihat-lihat serta berfoto di sekitar komplek pemerintahan Malaysia ini.

  • Batu Caves

Wisata alam ini merupakan sebuah tempat ibadah umat Hindu yang ada di Malaysia. Batu Caves akan menawarkan Anda sebuah gua yang berada di atas gunung, sehingga Anda harus melewati 272 anak tangga dahulu.

  • Pelataran Twin Tower

Twin Tower atau Menara Kembar adalah icon penting dari Malaysia, sehingga sayang untuk dilewatkan. Anda bisa saja masuk dan menaiki menara Petronas ini, namun tentunya dengan biaya yang tidak murah. Alternatifnya, Anda bisa menikmati kemegahan menara dari bawah sambil berfoto tanpa dipungut biaya. Datanglah di malam hari saat lampu-lampu menghiasi menara, sehingga akan lebih cantik untuk dilihat dan diabadikan.Bagaimana? Tertarik untuk backpacking ke Kuala Lumpur, Malaysia? Tunggu apa lagi! Anda hanya perlu memperhatikan beberapa tips wisata ke Kuala Lumpur ala backpacker di atas and you’re ready to go!

Komentar

Tampilkan

  • Tips Wisata ke Kuala Lumpur ala Backpacker
  • 0

Terkini Sehat

Close x