10 Wisata Kuliner di Surabaya Paling Terkenal

0

Pariwisata Indonesia - Surabaya adalah kota terbesar kedua di Indonesia. Kota ini merupakan salah satu tujuan favorit untuk wisata dan bisnis saat ini di Indonesia. Mengelilingi kota Pahlawan untuk berwisata maupun untuk keperluan bisnis tentunya akan sangat menguras tenaga. Maka dari itu, sebaiknya Sobat sempatkan mampir ke 10 tempat wisata kuliner di Surabaya yang Terkenal berikut ini:

10 Wisata Kuliner di Surabaya Paling Terkenal
Wisata Kuliner di Surabaya

1. G-Walk

G-Walk memiliki slogan ‘The Singapore of Surabaya’, tempat ini menjadi salah satu tempat wisata kuliner favorit bagi Arek-arek Suroboyo. G-Walk memang dibangun seperti Clarke Quay yang merupakan pusat hiburan sekaligus kuliner populer yang berada di Singapura. G-Walk ditata begitu apik dengan lingkungan yang hijau asri dan bersih di tengah lokasi hunian elite, Citra Raya, Surabaya Barat.

Tempat wisata kuliner berkonsep food court ini buka saat malam hari saja. G-Walk terbagi menjadi dua jalur dengan panjang masing-masing berkisar 1 km. Jalur pertama, memiliki suasana lebih temaram dengan cahaya lilin dan nuansa jazzy. Hidangan yang disajikan lebih ke kuliner ala barat. Sedangkan jalur yang lain lebih terang dengan lampu neon dan menyajikan kuliner khas nusantara.

Selain sebagai tempat wisata kuliner, G-Walk pun menjadi lokasi berkumpul kaum muda dan kalangan menengah mencari hiburan di malam hari. Pertunjukan musik seringkali digelar di tempat ini, misalnya Jazzy Nite yang rutin di selenggarakan pada malam Sabtu. Jadi, selain kuliner yang lezat, Sobat dapat bersantai sambil menikmati musik berkualitas.

2. Pakuwon Food Festival

Tempat wisata kuliner ini memiliki konsep food court seperti halnya G-Walk, serta Pakuwon Food Festival ini pun hanya bisa dikunjungi saat malam hari. Selain hidangan super enak, tempat wisata kuliner ini juga menghibur pengunjungnya dengan pertunjukan live musik.

Suasana terasa nampak berbeda begitu memasuki kawasan kuliner ini, Sobat akan disambut dengan lampu taman warna-warni bergantungan pada sepanjang jalan masuk. Pakuwon Food Festival berlokasi cukup dekat dengan East Coast Plaza, sehingga Sobat hanya perlu berjalan kaki jika ingin menikmati film-film box office setelah puas bersantap.

Jika Sobat datang di waktu yang tepat, Sobat dapat ikut menikmati kemeriahan berbagai festival kuliner yang sering diadakan di tempat ini, beberapa diantaranya adalah Festival Duren Durian, Festival Sate, dan lain-lain.

3. Mie Pecun

Sobat gemar menikmati kuliner pedas? Jangan lewatkan tempat wisata kuliner yang satu ini "Mie Pecun" yang terletak di Jalan Anjasmoro. Mie Pecun yang merupakan istilah populer dari Mie Pedas bukan Racun ini menyajikan mie instan dengan berbagai variasi tingkat kepedasan. Sobat dapat memilih tingkat kepedasan Pecun Culun (tidak pedas), Semriwing (pedas sedang), Galau (pedas biasa) dan yang trakhir adalah Klimax (super pedas).

Tempat wisata kuliner yang buka mulai pukul 18:00 sampai 02:00 ini, Sobat bisa memilih mie goreng atau rebus. Selain itu, mie disajikan dengan berbagai macam variasi bahan pelengkap sesuai selera seperti kornet, telur, udang, dan lain-lain.

4. Rujak Cingur Ahmad Jaiz

Sobat termasuk orang yang merugi jika berada di Surabaya, namun tak mencicipi kuliner rujak cingur. Hidangan yang satu ini merupakan kuliner khas dari kota Surabaya yang bahan utamanya cingur atau hidung sapi ini mudah di dapatkan di banyak menu tempat makan di berbagai sudut kota ini, namun sebaiknya Sobat datang ke Jalan Ahmad Jaiz No. 40.

Rujak cingur di tempat ini memang dipatok dengan harga yang lebih tinggi dibandingkan harga rujak cingur pada umumnya, namun kelezatannya membuat Sobat merasa uang yang telah di keluarkan sepadan dengan rasanya. Di tempat ini, cingur diolah dengan teknik khusus sehingga menghasilkan tekstur yang lebih empuk, kenyal dan tak berbau amis.

Pemilik tempat makan ini adalah Nyonya Giok Tjoe telah 82 tahun mengelola tempat ini. Saat ini Ia sendiri masih mengulek bumbu rujak cingurnya. Sehingga dapat dipastikan bahwa cita rasa dari kuliner ini tak berubah semenjak pertama kali dibuka pada tahun 1970an sampai saat ini.

5. Nasi Bebek ‘Sayang Anak’ Cak Yudi

Saat mengunjungi Surabaya sempatkan juga menikmati kelezatan nasi bebek di kawasan Tanjung Perak. Tempat wisata kuliner yang terkenal dengan olahan daging bebeknya telah berdiri sejak tahun 1982 ini mampu menyajikan bebek dengan daging empuk, gurih dan tanpa bau amis. Satu lagi yang membuat ke khasan nasi bebek di tempat ini adalah sambel pencit atau sambal mangga mudanya.

Tempat wisata kuliner yang berlokasi di Jalan Tanjung Torowitan No. 39 ini hanya buka sebentar, mulai dari pukul 15:00 sampai 18:00. Bahkan, sering kali sebelum jam enam sore, nasi bebek Cak Yudi sudah tutup karena kehabisan daging bebek. Jadi, jika Sobat ingin mengunjungi kuliner yang satu ini sebaiknya untuk datang lebih awal.

6. Sate Klopo Ondomohen Ny. Asih

Pernahkah Sobat menyantap sate yang di taburi parutan kelapa saat dibakar? Jika belum pernah merasakannya, kini saatnya Sobat untuk mencoba. Sate Klopo Ondomohen Ny. Asih yang terletak di lokasi Jalan Walikota Mustajab 36 merupakan salah satu tempat wisata kuliner populer di kota Surabaya.

Sate di tempat ini dapat dibuat sesuai selera baik dari daging ayam, sapi, jeroan, udang dan sumsum. Sate disajikan bersama dengan bumbu saus kacang, irisan bawang, cabe dan sepiring lontong atau nasi yang ditaburi serundeng atau abon kelapa parut.

7. Lontong Balap Garuda Pak Gendut

Sama seperti halnya rujak cingur, lontong balap juga menjadi kuliner khas Kota Pahlawan yang tak boleh Sobat lewatkan saat singgah di kota ini. Salah satu tempat populer yang menyajikan kuliner ini adalah Lontong Balap Garuda Pak Gendut yang skarang terletak di Jalan Prof. Dr. Moestopo (sebelumnya di Jalan Kranggan).

Tempat wisata kuliner yang telah dirintis sejak tahun 1956 ini sekarang telah dikelola oleh generasi ketiga, namun di jamin rasanya tak berubah sejak pertama kali disajikan. Kuliner hasil perpaduan dari lontong, tauge, lento, kuah dan bumbu petisnya sangat pas sehingga menghasilkan cita rasa yang luar biasa lezat. Sobat dapat juga pesan menu sate kerang dan es kelapa muda sebagai teman bersantap.

8. Zangrandi Ice Cream

Panasnya kota Surabaya pasti akan membuat Sobat ingin mencari tempat berteduh yang nyaman ditemani sajian kuliner yang menyegarkan. Sobat dapat datanglah ke Zangrandi Ice Cream, merupakan salah satu pelopor es krim Surabaya yang berlokasi di Jalan Yos Sudarso.

Kedai es krim yang telah berdiri semenjak tahun 1933 ini masih mempertahankan gaya arsitektur Eropa kuno dengan jendela besar, banyak tiang-tiang dan kursi rotan. Sobat juga dapat melihat sejarah dan perkembangan dari kedai ini dari masa ke masa melalui foto-foto lawas yang digantung pada dinding selagi menunggu pesanan es krim Sobat siap diantar ke meja.

Menu populer di tempat kuliner ini adalah Noddle Ice Cream. Es krim yang berbentuk mirip dengan mie dan disajikan bersama taburan kacang, pasta cokelat dan buah cherry yang segar. Ada cara lain bagi Anda yang ingin menikmati semua rasa es krim dalam satu tempat, pilih saja paket Es Krim "Love Deal". Dengan paket ini menyajikan lima varian rasa es krim dari cokelat, stroberi, rasberry, mocca sampai coconut dalam satu wadah berbentuk hati.

9. Soto Lamongan Cak Har

Meskipun bukan kuliner khas Surabaya, namun Soto Lamongan Cak Har ini banyak pelanggannya dari warga asli Surabaya maupun wisatawan. Berbeda dengan soto Lamongan pada umumnya, di sini kuah soto menggunakan santan sehingga menghasilkan kuah yang lebih kental dan gurih. Selain itu, taburan koya menambah nikmat kuliner ini.

Tempat wisata kuliner yang berlokasi di Jalan Ir. H. Soekarno ini menyajikan soto dengan banyak variasi pilihan mulai dari soto jeroan, soto daging ayam, soto brutu, soto kulit sampai soto ceker ayam. Menariknya di tempat kuliner ini, banyak pengunjung yang meminta balungan atau tulang ayam. Apa enaknya tulang ayam ini? Pelanggan di sini senang menyesap tulang yang sudah lunak ini, di samping itu juga diberikan secara gratis selama persediaan masih ada.

10. Kepiting Cak Gundul 1992

Setelah terlebih dahulu sukses di Pandaan, Pasuruan, Kepiting Cak Gundul 1992 mulai membuka cabang di kota Surabaya. Berlokasi di Jalan Kupang Indah, tempat wisata kuliner yang satu ini menyajikan hidangan berbahan dasar seafood yang lezat.

Menu andalan di tempat ini adalah kepiting asam manis dan kepiting bumbu kare. Selain menu kepiting Sobat dapat menikmati kuliner menu seafood lainnya seperti udang, cumi-cumi, ikan dan kerang.

Demikian 10 tempat wisata kuliner di Surabaya yang terkenal, khusus bagi Sobat yang merencanakan wisata ke Surabaya selamat menikmati sajian lezat di kota Pahlawan.

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)