Langkawi Malaysia : Sepotong Surga di Negeri Jiran

0

Malaysia merupakan negara dengan sektor wisata yang sangat beragam. Negara ini memiliki lebih dari sekedar sepasang menara kembar di jantung ibu kotanya. Dari wisata alam hingga wisata dengan sentuhan teknologi tingkat tinggi semua ada di negara ini.

Langkawi Malaysia : Sepotong Surga di Negeri Jiran

Seperti halnya Indonesia, Malaysia juga bisa dibilang merupakan negara kepulauan. Hanya saja, sebaran dan jumlah pulaunya memang tidak sebanyak Indonesia. Hal ini sudah tentu semakin menambah panjang daftar lokasi wisata yang ada di Malaysia.

Langkawi, atau Langkawi Island, merupakan salah satu pulau yang termasuk ke dalam wilayah Malaysia. Pulau ini merupakan kawasan yang sangat tersohor di Negeri Jiran. Masyarakat Malaysia dan pelancong internasional banyak yang berkunjung ke sini setiap tahunnya. Apalagi kalau bukan karena kecantikannya yang menjadikan orang-orang berduyun-duyun datang ke pulau ini.

Jika kamu berencana berkunjung ke Malaysia, Langkawi bisa dijadikan salah satu destinasi wisata kamu. Ada apa saja di pulau tersebut? Simak ulasannya di bawah ini.

Mengenal Langkawi Island di Malaysia

Langkawi Island sebenarnya bukanlah suatu pulau tunggal yang berdiri sendiri. Langkawi merupakan gugusan pulau yang terletak di Laut Andaman dan lepas pantai barat Malaysia. Total pulau yang termasuk dalam gugusan pulau Langkawi berjumlah 99 pulau secara total. Cukup banyak, bukan?

Secara geografi, Langkawi merupakan sebuah area atau distrik yang termasuk ke dalam bagian Kedah. Meskipun demikian, Langkawi terletak cukup jauh dari Kedah, yaitu sejauh 51 kilometer diukur dari pantai dan dari barat laut. Titik terdekat untuk pergi ke Langkawi adalah Kuala Perlis. Jarak Langkawi hanya sekitar 31 kilometer dari pantai Kuala Perlis.

Nama Langkawi sendiri merupakan gabungan dari 2 suku kata ‘lang’ dan ‘kawi’. ‘Lang’ berasal dari kata elang atau burung elang. Sementara ‘kawi’ merupakan kata Melayu yang berarti merah kecoklatan. Itulah mengapa burung elang dengan warna merah kecoklatan menjadi lambang Langkawi.

Baca Juga :  10 Oleh-oleh Malaysia, dari Dodol Malaysia hingga Kain Batik Lokal

Bukan hanya bertengger sebagai lambang kawasan ini, burung elang berwarna merah kecoklatan juga banyak terdapat di pulau-pulau di Langkawi. Mereka beterbangan secara bebas. Sungai di sekitar hutan bakau dan batu kapur merupakan area dimana banyak elang legendaris tersebut banyak berkeliaran.

Pulau utama di Langkawi memiliki jumlah populasi penduduk sekitar 75.000 jiwa. Sementara jumlah penduduknya secara keseluruhan adalah sekitar 110.000 orang. Penduduk Langkawi mayoritas adalah etnis Melayu. Namun, etnis Cina, India, dan juga Thailand turut menyumbang variasi populasi di kepulauan ini.

Angka tersebut memang bukan jumlah populasi yang besar untuk mendiami gugusan pulau yang cukup banyak. Namun, jangan salah kira. Dibalik mungilnya angka penduduk Langkawi, setiap tahunnya jumlah wisatawan yang mengunjungi kawasan wisata ini mencapai angka 3 juta pengunjung. 

Pada tahun 2007, UNESCO menganugerahi Langkawi status Geopark Warisan Dunia. Tak mengherankan, Langkawi memang memiliki limpahan kekayaan alam yang dapat dibanggakan warga Malaysia. Gua, lingkungan laut, fosil, air terjun, pantai, semua hal indah dunia ada di sini. Oleh sebab itu, banyak warga lokal dan internasional menyebut Langkawi sebagai surga tersembunyi di Malaysia. 

Destinasi Wisata di Langkawi

Jika kamu memutuskan untuk sedikit menepi dari pusat kota dan meredam sedikit hingar-bingar kehidupan metropolitan di pusat Malaysia, Langkawi merupakan destinasi sempurna untuk tujuan tersebut. Ada banyak sekali hal yang bisa kamu tuju dan lakukan di sini. Kamu dijamin tidak akan bosan menghabiskan waktu di kepulauan cantik ini.

Langkawi Wildlife Park 

Destinasi wisata yang satu ini didirikan pada tahun 2002. Langkawi Wildlife Park merupakan rumah bagi aneka burung dan berbagai jenis fauna lainnya. Destinasi ini merupakan tujuan wisata yang tepat untuk kamu dan keluarga.

Selain bisa bertemu kakatua, kasuari, dan arnab, kamu juga diizinkan untuk memberi mereka makan secara langsung. Landak dan keledai juga dapat kamu beri makan. Selain itu, kamu juga dapat berfoto bersama beberapa hewan eksotis di sini seperti ular sawa, misalnya.

Baca Juga :  Tips Wisata ke Kuala Lumpur ala Backpacker

Cable Car Langkawi, Sumber : Shutterstock

Jika kamu bertanya-tanya mengenai landmark Langkawi, cable car lengkap dengan destinasi Langkawi sky bridgenya adalah jawaban yang sangat tepat untuk pertanyaan tersebut. Duo destinasi wisata ini wajib kamu sambangi. Tapi, destinasi ini khusus untuk kamu yang tidak takut akan ketinggian.

Cable car Langkawi akan membawa kamu dari bawah menuju perhentian terakhir dimana terdapat sky bridge di sana. Sky bridge ini membentang sepanjang 125 meter dengan ketinggian 100 meter. Baik di cable car maupun di sky bridge, kamu akan disuguhi pemandangan super indah khas Langkawi dengan hutan hijau dan air terjun.

Pantai Cenang

Pantai Cenang atau Cenang merupakan pantai berpasir putih di Langkawi yang indah. Kamu dapat bersantai menikmati deburan ombak dan angin pantai di sini. Kamu juga bisa bermain parasailing, jetski, dan berbagai permainan air lainnya dengan membayar uang sewa. Pantai Cenang sudah memiliki akomodasi yang lengkap, sehingga menginap di sini bisa juga kamu jadikan opsi. 

Taman Mardi Langkawi

Jika kamu ingin berjalan-jalan di perkebunan dengan deretan pohon anggur yang ditanam rapi, Taman Mardi adalah tempatnya. Kamu juga bisa makan langsung buah yang sudah matang dari pohonnya di wisata agroteknologi ini. Jenis tanaman di Taman Mardi beragam sehingga kamu akan belajar banyak di sini tentang tumbuh-tumbuhan.

Pulau Payar

Pulau ini berada di bagian utara Selat Malaka, sekitar 19 mil dari selatan Langkawi. Pulau Payar adalah taman laut yang memiliki keanekaragaman flora dan fauna bawah laut. Oleh sebab itu, destinasi ini sangat cocok buat kamu yang hobi snorkeling atau diving. Kamu dapat menggunakan speed boat untuk menuju pulau ini.

Tasik Dayang Bunting

Tasik Dayang Bunting merupakan danau air tawar yang luasnya kira-kira 3 kali luas lapangan sepak bola dengan kedalaman 3 bangunan. Di sini, kamu dapat berenang atau sekedar mengapung saja di ban besar untuk menikmati rindangnya lingkungan sekitar. Lokasi in dinamakan Tasik Dayang Bunting karena jejeran bukit yang mengelilingi area ini mirip seperti siluet wanita hamil yang sedang berbaring.

Baca Juga :  Batu Caves : Wisata Religi dan Alam di Selangor Malaysia

Galeria Perdana

Galeri Perdana merupakan sebuah museum yang menyimpan berbagai barang berharga milik mantan perdana menteri Malaysia, Tun Dr. Mahatir beserta istri. Barang-barang yang ada di sini merupakan barang pemberian atau hadiah dari berbagai orang-orang penting di seantero dunia selama masa jabatan sang perdana menteri. Tun Dr. Mahatir berpendapat bahwa barang-barang tersebut merupakan hadiah untuk rakyat Malaysia dan bukan untuk beliau pribadi. Oleh sebab itu, Galeria Perdana didirikan. Terdapat lebih dari 2500 cinderamata yang ada di museum ini.

Oriental Village

Oriental Village adalah tempat berbelanja di Langkawi. Di sini, kamu bisa membeli berbagai cinderamata khas Langkawi untuk sanak saudara. Selain itu, kamu juga bisa bermain ATV, naik gajah, atau berfoto dengan ular di sini. Oriental Village juga merupakan pintu masuk untuk berbagai destinasi terkenal di Langkawi seperti cable car dan museum 3D.

Cara Menuju Langkawi

Karena Langkawi merupakan kawasan dengan gugusan pulau di dalamnya, maka tak mengherankan jika hanya ada 2 akses utama menuju Langkawi. Akses tersebut yaitu lewat jalur udara dan jalur air. Langkawi memiliki bandara yang berlokasi di Padang Matsirat. Jika kamu memiliki budget lebih, jalur udara dapat kamu ambil karena lebih nyaman dan memakan waktu yang tidak terlalu lama.

Namun, kamu juga memiliki alternatif lain lewat alur air. Feri ekspres terdapat di Kuala Kedah, Kuala Perlis, dan Penang yang siap mengantar kamu menyebrang untuk mencapai Langkawi. Waktu yang dibutuhkan untuk menyebrang dengan feri bervariasi dari setiap titik keberangkatan. Jika dirata-rata, feri membutuhkan kurang lebih 1.5 jam untuk sampai di Langkawi.

Kesimpulan

Meskipun Langkawi merupakan kepulauan, tapi destinasi disana tidak hanya terbatas pada pantai atau lokasi-lokasi yang berkaitan dengan air. Langkawi memiliki variasi destinasi wisata yang sangat beragam. Jika kamu ke Malaysia, Langkawi merupakan tempat yang direkomendasikan untuk kamu sambangi. 

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)