Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Liburan Hemat ke Luar Negeri: Tips Wisata Murah ke Malaysia

Tips Wisata Murah ke Malaysia - Salah satu negara tetangga kita, Malaysia, merupakan sebuah destinasi wisata yang boleh juga untuk Anda sambangi untuk mengisi waktu liburan. Malaysia yang berbatasan dengan Singapura serta Kalimantan memiliki budaya yang mirip dengan budaya yang kita pegang di Indonesia. Terutama jika Anda seorang muslim, Anda bisa berwisata dengan nyaman di Malaysia, karena di sana pun mayoritas penduduknya muslim, sehingga makanan halal akan sangat mudah ditemukan. 

Tips Wisata Murah ke Malaysia
Menara Kembar Petronas

Walaupun kondisi negaranya kurang lebih sama dengan di Indonesia, Malaysia tetap menarik untuk dikunjungi. Anda bisa berwisata ke Genting Highland, sebuah theme park yang berada di ketinggian, atau ke Petronas Twin Tower, bangunan paling tinggi di Malaysia sehingga Anda dapat melihat kota Kuala Lumpur dari ketinggian. Nah, walaupun mirip dengan Indonesia, tetap saja berlibur di Malaysia akan lebih mahal dibandingkan berlibur lokal di Indonesia. Eh, tapi jangan risau, ini dia beberapa tips wisata murah ke Malaysia agar tidak memakan banyak biaya.

1. Transportasi

Bagaimana dengan transportasi di Malaysia? Nah, ada beberapa jenis transportasi umum yang dapat Anda gunakan untuk berkeliling selama di Malaysia, yaitu kereta dan bus. Kereta sendiri terbagi dalam tiga jenis:

  • LRT yang menyerupai Pramek di Solo atau Yogyakarta, Komuter, dan Monorail. LRT dapat Anda naiki dengan kisaran biaya dari 1 RM sampai 2 RM.
  • Komuter dapat Anda naiki dengan biaya di atas 2 RM, namun sepadan dengan fasilitasnya yang lebih oke dan nyaman dibandingkan jenis transportasi umum yang lain.
  • Sedangkan Monorail dapat Anda naiki dengan kisaran biaya 3 RM, namun umumnya monorail ini dipadati banyak penumpang sehingga kurang nyaman. Selain kereta, ada juga bus yaitu Bus RapidKL.

Nah, keempat jenis transportasi umum di Malaysia ini dapat Anda akses dengan satu kartu yaitu Touch ‘n Go atau TnG. Kartu TnG ini dapat Anda gunakan untuk LRT, Komuter, Monorail dan Bus RapidKL. Anda bisa membeli kartu ini dengan di stasiun kereta tertentu dengan minimal top up atau pengisian awal yaitu 10 RM. Selain keempat tadi, sebenarnya ada juga bus gratis yang dirancang untuk wisatawan luar negeri, yaitu Go-KL. Namun sayangnya, armada busnya hanya sedikit dan banyak digunakan oleh warga Malaysia sendiri.

2. Makanan

Tips wisata murah ke Malaysia yang kedua adalah menekan biaya makan. Prinsipnya kurang lebih sama dengan di tempat lain. Hindari membeli makanan atau minuman di tempat-tempat wisata, karena harganya relatif lebih mahal. Untuk makanan sehari-hari, biaya makan standar di Malaysia berkisar antara 5 RM hingga 7 RM. Jika tidak mau pusing, Anda bisa membeli paket nasi lemak khas Malaysia atau paket nasi goreng di minimarket seperti 7 Eleven. Namun sebaiknya Anda mempersiapkan sendok sendiri dari Indonesia, karena paket nasi tersebut tidak menyediakan sendok. Jika Anda tidak cocok dengan makanan Malaysia, jangan khawatir. Anda bisa menemukan masakan Indonesia di daerah Chow Kit yang berada di dekat daerah Putra.

3. Penginapan

Prinsipnya sama dengan liburan di negara lain. Dibandingkan memilih hotel berbintang, pilih saja hotel bintang 2 atau hostel yang bersih dan nyaman. Anda bisa mencari informasi dari internet atau kerabat Anda yang pernah ke Malaysia. Akan lebih baik lagi jika Anda menginap di tempat kenalan Anda yang bermukim di Malaysia. Selain penginapan, mungkin Anda akan menghemat biaya makan dan mendapat tour guide gratis.

4. Alat Komunikasi

Gunakan SIM Card dari provider Malaysia untuk menghemat biaya komunikasi Anda, terutama dengan teman Anda di Indonesia. Tarif sms yang dikenakan dari Malaysia ke Indonesia dapat mencapai Rp 5,000/sms, namun hanya dikenakan 12 sen RM/sms jika Anda menggunakan SIM card provider Malaysia. Sesaat setelah Anda sampai di Malaysia, Anda bisa membeli salah satu merek SIM card provider Malaysia di counternya. Anda akan dimintai paspor sebelum penjual membantu mengaktifkan kartu kita. Salah satu fasilitas dari SIM card provider Malaysia adalah internet gratis tanpa kuota.

Selain tips wisata murah ke Malaysia di atas, jangan lupa tips lainnya selama di Malaysia yaitu selalu membawa dokumen penting. Razia bisa saja diadakan mendadak dan tentunya Anda tidak ingin menghabiskan waktu liburan dengan polisi Malaysia, bukan?


Posting Komentar untuk "Liburan Hemat ke Luar Negeri: Tips Wisata Murah ke Malaysia"