Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Menikmati Berbagai Makanan Khas Aceh

Aceh juga dikenal sebagai Daerah Istimewa Aceh merupakan salah satu bagian dari Negara Indonesia dengan keragaman kebudayaan pula. Tidak terlewat juga makanan khas Aceh yang punya ciri khas. Wilayah Aceh ini sendiri punya sejarah yang cukup panjang, apalagi jika kita mengingat perjuangan Aceh melawan Belanda ketika masa penjajahan.

Makanan Khas Aceh
Martabak Aceh

Makanan sendiri cukup dekat dengan manusia karena merupakan kebutuhan manusia. Maka dari itu, kreasi berbagai masakan pun tercipta melalui kultur budaya, geografis, dan sebagainya. Begitu juga dengan masyarakat Aceh pasti punya makanan khas pula.

Tahukah Anda bahwa makanan tradisional yang ada di Aceh telah diturunkan dari generasi ke generasi? Penyajian makanan memang tidak terlepas dari adat-istiadat setempat. Akhirnya pun, makanan menjadi bukti eksistensi masyarakat yang menjadi wakil kehadiran mereka.

Makanan Khas Aceh

Penasaran dengan berbagai makanan khas Aceh? Mungkin Anda sudah cukup tahu banyak apa-apa saja yang menjadi makanan khas Aceh. Ketika kita melihat dan mencicipi suatu makanan bahkan kita langsung bisa mengidentifikasinya.

1. Mie Aceh

Namanya saja sudah mengandung kata “aceh” maka memang sebagai identitas makanan khas ini berasal dari Aceh. Bahan dasarnya tentu saja mie namun berbentuk lebar dan pipih serta berwarna kuning. Warnanya terang, tidak pucat seperti pada mie-mie telor. Rasanya pun sangat lezat dan ‘nempel di lidah’ Anda! Apalagi disantap di kala udara dingin akan mampu menghangatkan tubuh. Mie Aceh pun bisa digoreng atau pun berkuah. Rasanya lezat karena diracik dengan bumbu khas Aceh, yakni semacam kari. Makanan ini pun semakin lezat karena paduan daging sapi, bawang goreng, seledri, dan daun bawang. Kemudian dilengkapi lagi dengan irisan timun dan dibubuhkan sedikit perasan jeruk nipis.

2, Gulee Itek

Makanan khas Aceh dengan menggunakan dasar bebek atau itik. Mungkin Anda yang tidak suka dengan olahan bebek tidak akan tertarik. Namun, bumbu yang digunakan pada olahan ini berhasil menghilangkan aroma anyir dari daging bebek. Dibandingkan dengan daging ayam memang daging bebek punya bau anyir yang lumayan tajam. Namun Anda harus mencoba Gulee Itek dari daerah Bireun Aceh ini karena cita rasa gulainya berbeda.

3. Martabak Aceh

Martabak Aceh hampir sama dengan telur dadar tetapi lebih tebal karena adonan kulit martabak itu sendiri. Adonannya hampir mirip untuk membuat roti canai. Setelah kulit martabak digoreng maka kemudian dilumuri kembali dengan kocokan telur yang telah dicampur dengan daun bawang dan bawang merah. Untuk melengkapi sajian tersebut disantap dengan menggunakan acar rawit dan bawang merah.

4. Sambai Asam Udeung

Ini adalah menu masakan Aceh dengan udang sesuai dengan namanya. Makanan ini terbuat dari udang yang memiliki rasa asam dan pedas dan pastinya membuat Anda ketagihan. Masakan Aceh ini sangat cocok disantap bersama dengan nasi hangat atau dijadikan penyerta daging rebus atau disebut pula sebagai Sie Reuboh. Sie Reuboh sendiri adalah makanan khas Aceh yang dibuat dari rebusan daging sapi yang menggunakan campuran cuka lalu digoreng. Hampir mirip dengan dendeng namun tidak terlalu kering.

Tertarik untuk menikmati sajian masakan khas Aceh tersebut? Tentu Anda tidak akan melewatkan kuliner khas Barat Indonesia ini, bukan? Anda sebenarnya mudah menemukannya dikarenakan beragam kuliner nusantara telah tersebar ke seluruh pelosok negeri apakah karena perantauan dan sebagainya.

Namun, akan lebih seru lagi ketika Anda berkunjung ke Aceh maka Anda harus mencari berbagai budaya dan beragam makanan khas Aceh ini di sana.

Posting Komentar untuk "Menikmati Berbagai Makanan Khas Aceh"