Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

ini Dia Kuliner Legendaris Jakarta yang Tidak Bisa Dilupakan

Wahana Wisata - Seiring dengan berkembangnya jaman, perkembangan kuliner di Indonesia pun semakin berkembang. Tren yang sedang berkembang saat ini adalah makanan cepat saji. Namun, ada beberapa kuliner legendaris Jakarta yang sulit untuk dilupakan dan masih diminati pelanggan setianya, meskipun waktu terus berlalu dan banyak bermunculan kuliner baru lainnya.

Kuliner Legendaris Jakarta yang Tidak Bisa Dilupakan
metropolitan.id

Kunci sukses dari beberapa kuliner legendaris ini adalah kualitas dan keasliannya. Mau tau kan apa saja kuliner legendaris yang berada di Jakarta? Yuk kita simak ulasan berikut ini.

1.  Es Krim Baltic

Sebelum banyak bermunculan merek es krim seperti sekarang, dulu ada satu merek es krim yang sangat melegenda. Sejak tahun 1939, es krim ini sudah sangat akrab dengan lidah warga Jakarta. Ya, apalagi kalo bukan es krim Baltic. Kalau jaman dulu sih rasanya semua makanan terbuat dari bahan alami dan bebas bahan pengawet.

Nah, es krim ini juga begitu. Es krim Baltic dikenal dengan teksturnya yang lembut dan juga tidak cepat lumer. Ini dikarenakan si pembuat es krim ini memakai susu sapi murni tanpa bahan pengawet. Tidak salah kalau rasanya terasa lebih segar.

Sejak kedai ini mulai dibuka, es krim disajikan dengan cara yang klasik yaitu di dalam cup. Ada banyak varian rasa dari es krim Baltic ini, yaitu vanilla, cokelat, kopyor, stroberi, rum raisin, blueberry, peppermint, dan blueberry.

Jika kamu tertarik untuk membeli es krim legendaris ini, mampir saja ke Jalan Kramat Raya No. 10-12, Senen, Jakarta Pusat. Kedai es krim Baltic ini buka setiap hari dari pukul 09.00 sampai 17.00 WIB.

2.  Mie Ayam Gondangdia

Hampir di seluruh penjuru dunia, mie adalah makanan khas China yang populer. Begitu juga yang terjadi di Indonesia. Salah satu mie ayam legendaris di Jakarta adalah Mie Ayam Gondangdia. Pada tahun 1968, Toe Wah Seng mendirikan Mie Ayam Gondangdia di jalan Gondangdia Lama, yang sekarang sudah berganti nama menjadi Jalan R,P, Soeroso.

Saat ini, Rino Chandika selaku generasi ketiga sang pendirilah yang meneruskan bisnis ini. Banyak yang bilang kalau Mie Ayam Gondangdia sangat enak dengan mie buatan rumah yang kenyal, kuah kaldu, daging ayam, pangsit rebus, sawi, dan juga bakso.

Hingga saat ini ada sekitar 7 cabang Mie Ayam Gondangdia di Jabodetabek. Kedai Mie Ayam Gondangdia ini buka setiap hari dari jam 09.00 sampai 22.00 WIB, dan bertempat di Jalan R.P. Soeroso No. 36, Jakarta Pusat.

3.  Soto Betawi H. Ma’ruf 

Siapa sih orang Jakarta yang tidak tau soto betawi legendaris ini? Kedai Soto Betawi H. Ma’ruf ini pertama kali dirintis oleh H. Ma’ruf, pria asal betawi tepatnya pada tahun 1940-an. Awal berjualan, Pak H. Ma’ruf ini menggunakan gerobak pikul untuk menjajakan soto hasil buatannya.

Bahkan, usahanya sempat berhenti ketika tentara Jepang datang ke Indonesia. Namun, setahun setelah kemerdekaan, tepatnya di tahun 1946, Pak H. Ma’ruf pun kembali berjualan di pasar Gondangdia atau pasar Boplo.

Namun, sekarang ini kita tidak perlu repot jika ingin makan kuliner khas Betawi yang satu ini. Cukup mampir ke Taman Ismail Marzuki, Jalan Cikini Raya 73, Jakarta Pusat. Anda dapat mengunjungi warung soto Betawi H. Ma’ruf setiap hari dari jam 09.00 sampai 22.00 WIB.

Nah itulah Ketiga Kuliner yang melegendaris dari Jakarta dan makanan ini juga masih dijual, semoga bisa menambah wawasan kita semua dan semoga bisa menjadi solusi alternatif makan yang enak di Jakarta untuk anda yang bingung mencari tempat makannya.

Posting Komentar untuk "ini Dia Kuliner Legendaris Jakarta yang Tidak Bisa Dilupakan"