Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Tips Wisata Backpacker ke Yogyakarta

Tips Wisata Backpacker ke Yogyakarta

Anda perlu tahu tips wisata backpacker ke Yogyakarta ini agar Anda dapat merasakan tantangan dan berlibur hemat.

Tips Wisata Backpacker ke Yogyakarta

Tips Wisata Backpacker – Menjadi seorang backpacker sebenarnya tidak begitu sulit, justru menyenangkan karena Anda ditantang untuk berlibur dengan budget yang terbatas.

Asyiknya lagi, Anda bisa menggunakan prinsip berlibur hemat ini ke berbagai destinasi, baik dalam maupun luar negeri. Salah satu destinasi di dalam negeri yang banyak dijadikan backpacker sebagai tujuan wisata adalah Yogyakarta. Sebuah provinsi yang berbatasan dengan Jawa Tengah ini dipercaya memiliki biaya hidup yang murah sehingga cocok dengan para backpacker berbudget terbatas.

Tips Wisata Backpacker

Berikut ini adalah tips-tips wisata backpacker ke Yogyakarta.

1. Map Ready!

Tips wisata backpacker yang pertama yaitu mempersiapkan peta. Beberapa hari sebelum keberangkatan, carilah peta kota Yogyakarta di internet, kemudian unduh dari gadget Anda untuk memudahkan perjalanan Anda nantinya. Peta kota Yogyakarta akan dibutuhkan terutama jika Anda pergi sendiri atau tidak pergi dengan orang yang paham jalan.

Tandai juga titik kedatangan Anda di Yogyakarta dan hotel tempat Anda menginap. Tandai juga obyek-obyek wisata yang akan Anda kunjungi dan cermati rute perjalanannya dari hotel Anda. Dengan begitu, Anda dapat menghemat waktu nantinya.

2. Transportasi Menuju Yogyakarta

Ada beberapa opsi transportasi yang digunakan untuk sampai ke Yogyakarta. Anda bisa menggunakan transportasi udara atau darat seperti bus dan kereta. Harga tiket bus, kereta dan pesawat terkadang tidak berbeda jauh. Namun, di saat harga tiket kereta dan bus relatif tidak bisa berubah alias jarang terdapat promosi, lain halnya dengan tiket pesawat.

Cermati beberapa maskapai penerbangan murah atau low-cost airlines yang menyediakan promo tiket pesawat murah atau harga lebih murah untuk booking dari jauh-jauh hari.

3. Cari Penginapan Murah

Akomodasi mungkin adalah salah satu pengeluaran terbesar seorang backpacker, sehingga Anda harus bisa menekan biaya penginapan. Tips wisata backpacker yang berikutnya adalah mencari penginapan murah atau gratis. Jika memungkinkan, cari teman atau keluarga Anda yang tinggal di Yogyakarta dan tinggal sementara di sana.

Tips Wisata Backpacker Murah

Jika tidak ada, Anda dapat mencari penginapan yang murah meriah di Yogyakarta. Sudah tersedia banyak jenis akomodasi seperti hostel, hotel, atau kamar kos di Yogyakarta dengan harga dan fasilitas tertentu. Anda hanya perlu rajin-rajin membuka internet untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya sekaligus melakukan reservasi.

4. Makanan

Tenang saja, di Yogyakarta Anda tidak akan mati kelaparan! Yogyakarta menawarkan makanan pinggir jalan yang murah meriah dan mudah ditemukan. Anda mungkin familiar dengan nasi kucing atau angkringan?

Nah, ini dia kota asal dari makanan hemat tersebut! Anda bisa menemukan hidangan ini dari kota aslinya, dengan harga yang lebih murah dan lauk yang lebih bersahabat. Hanya dengan mengeluarkan uang di bawah Rp 10,000, Anda sudah bisa kenyang lho di Yogyakarta.

5. Berbelanja

Tips wisata ala backpacker selanjutnya belanja. Beberapa tempat berbelanja murah di Yogyakarta adalah Malioboro dan Pasar Bringharjo. Pada kedua tempat ini, jangan ragu untuk melakukan tawar menawar! Justru kegiatan belanja tidak akan seru tanpa menawar harga. Walaupun terkadang harganya sudah relatif murah, tetap lakukan tawar menawar, siapa tahu Anda bisa mendapat harga yang lebih murah lagi. 

Di Pasar Bringharjo, lantai teratas menawarkan produk dengan harga yang paling murah. Oh iya, salah satu cara menawar yang ampuh adalah dengan menggunakan bahasa lokal dan menawar 1/3 sampai 1/2 harga. Jadi, pelajarilah beberapa kosakata atau kalimat tawar menawar dalam bahasa Jawa untuk bekal berbelanja murah.

6. Tour Guide Gratis

Gunakan Tour guide gratis untuk tips wisata backpacker ke Yogyakarta. Jika kebetulan ada teman atau keluarga Anda yang tinggal di sana, jadikan ia sebagai tour guide Anda! Dengan begitu, Anda bisa banyak bertanya tentang cara menuju obyek-obyek wisata di dalam daftar Anda, atau tentang referensi obyek wisata yang wajib dikunjungi di Yogyakarta. Jangan lupa untuk mentraktir teman Anda makan, terlebih jika ia sudah mengantar Anda kemana-mana dengan kendaraannya.

Backpacking isn’t so bad, right? Anda hanya perlu tahu tips wisata backpacker ke Yogyakarta dan aplikasikan dengan benar. Selamat mencoba!

Posting Komentar untuk "Tips Wisata Backpacker ke Yogyakarta"