Menikmati Pemandangan Air Terjun Les

Air Terjun Les

Ternyata di kawasan Buleleng terdapat banyak sekali air terjun. Bukan hanya air terjun Kemenuh, air terjun Jembong, dan air terjun Lemukih, tetapi ada juga air terjun lainnya yang bernama Air Terjun Les atau yang biasa dikenal dengan sebutan Yeh Mampeh yang artinya air terbang. Lokasi air terjun ini berada di perbukitan Yangudi dan juga Bukit Pungsu, Buleleng Timur. Air Terjun Les memiliki 3 tingkatan berbeda, tingkatan yang pertam memiliki ketinggian kurang lebih 30 meter. Sedengkan dua tingkatan diatasnya memiliki ketinggian yang cukup terjal sehingga jarang sekali dikunjungi orang karena memang jalannya yang sulit untuk ditelusuri.

Selain itu, anda juga bisa menemukan mata air yang bernama Toya Anakan di dekat Air Terjun Les. Penduduk setempat menanggap mata air ini sebagai mata air yang suci karena seringkali digunakan untuk kegiatan upacara keagamaan. Walaupun air yang keluar tidak terlalu besar, namun warga sekitar tetap menjaga kesucian mata air ini. Sebelum airnya diambil, biasanya warga menghaturkan sesajun yang dianggap sebagai tanda untuk meminta dan juga menyucikan air tersebut.

Lokasi Wisata Air Terjun Les

Air Terjun Les berada di Desa Les, kecamatan Tejakula, Kabupaten Buleleng, Bali. Jika anda dari kota Denpasar, maka anda harus menempuh jarak kurang lebih 95 km. Sedangkan untuk anda yang berada dari kota Singaraja, maka anda harus menempuh jarak 38 km ke arah timur. Anda bisa membawa kendaraan berupa motor ataupun mobil. Kondisi jalanan menuju Air Terjun Les sudah bagus sehingga anda bisa merasa nyaman saat menempuh perjalanan

Selain itu, disepanjang jalan anda akan melihat panorama hijau perpaduan antara hutan dan landang sehingga dapat menyegarkan mata dan pikiran. Anda juga bisa menikmati udara yang sangat sejuk.

Untuk anda yang mengambil arah dari Denpasar, maka anda bisa menuju Ubud atau Kintamani, rute ini merupakan yang paling dekat menuju tempat Air Terjun Les. Setelah melewati Kintamani, maka anda bisa melanjutkan hingga sampai ke Singaraja, nantinya anda akan menemukan pertigaan, lalu dari pertigaan ini anda belok kiri hingga sampai ke pertigaan Jalan Raya Singaraja-Amlapura. Setelah itu, belok kanan hingga sampai di pertigaan Desa Les, lalu belok kanan lagi hingga masuk ke tempat parkiran.

Sedangkan untuk anda yang berangkat dari Singaraja, maka anda bisa mengambil arah menuju Pantai Tulamben/Amlapura sampai ke pertigaan Desa Les. Setelah itu, belok kanan dan masuk ke parkiran Air terjun Desa Les. Kemudian anda jalan kaki menuju lokasi air terjun. Jarak dari parkiran menuju air terjun kurang lebih 500 meter. Anda bisa melihat berbagai macam pepohonan disepanjang jalan menuju air terjun Les.

Lebih asik lagi jika anda datang ke lokasi Air Terjun Les bersama keluarga dan kerabat sehingga suasana di sepanjang jalan menuju air terjun menjadi lebih menyenangkan dan juga lebih ceria. Sayang banget loh jika sudah datang ke bali tapi tidak mengunjungi Air Terjun Les.