Walang Goreng Wisata Kuliner Yogyakarta

0

Walang Goreng Wisata Kuliner Yogyakarta - Pariwisata Indonesia akan mengulas Wisata Kuliner Khas Yogyakarta lebih tepatnya dari Kabupaten Gunung Kidul. Saat ini berwisata kuliner merupakan hal yang wajib bagi para wisatawan yang datang berkunjung ke daerah-daerah tempat berlibur. Indonesia merupakan negara yang kaya dengan kuliner, setiap daerah memiliki potensi kekhasan masakannya. Hal ini tentu menciptakan beragam jenis kuliner yang akan memanjakan lidah para wisatawan yang datang. Keunikan kuliner merupakan nilai tambah bagi daerah tujuan wisata.

Walang Goreng Wisata Kuliner Yogyakarta

Yogyakarta sebagai salah satu pusat kebudayaan Jawa memiliki bermacam-macam masakan khas di setiap kabupatennya. Di Kabupaten Gunung Kidul yang sedang populer adalah kuliner belalang goreng (Walang Goreng). Karena Kuliner ini unik dan tidak biasa, banyak wisatawan yang penasaran dan kemudian ingin mencicipi panganan ini. Karena banyaknya wisatawan yang menyukai kuliner ini banyak warga mendapat ide pekerjaan untuk memproduksi belalang goreng dan menjualnya baik di toko maupun di pinggir-pinggir jalan.

Pada daerah lain, belalang bukanlah hewan yang lazim untuk diolah menjadi sebuah makanan yang lezat bahkan hewan ini dianggap sebagai hama bagi para petani. Namun warga di Gunung Kidul dengan keterbatasan yang ada berhasil berinovasi untuk menciptakan makanan khas yang bahan bakunya mudah di cari di daerah mereka, tentu saja kuliner ini lezat serta unik.

Belalang goreng telah lama dijadikan lauk makan bagi masyarakat di daerah Gunung Kidul. Belalang yang dapat diolah yakni belalang kayu, biasanya hewan ini banyak ditemui di dahan pohon jati atau di semak-semak yang tumbuh di Gunung kidul. Belalang merupakan salah satu hewan yang kaya akan kandungan protein. Rasa belalang goreng mirip seperti rasa udang menurut sebagian besar orang yang pernah mencicipinya. Rasanya gurih dan renyah, membuat banyak orang menyukainya dan ketagihan dengan cita rasa makanan ini.

Untuk membuat belalang goreng ini, bumbu yang digunakan cukuplah sederhana, yakni bawang putih, tumbar dan garam. Jika menyukai rasa pedas manis maka akan ditambahkan cabai. Belalang sebelum di olah harus di bersihkan terlebih dahulu dari kotoran yang ada di dalam tubuh belalang. Kotoran pada tubuh belalang ini harus di buang agar rasanya nikmat. Setelah itu belalang dapat digoreng hingga kering dan siap untuk disantap. Semua bagian dari tubuh belalang bisa dimakan termasuk bagian kepala dan kakinya. Bagi yang alergi makanan dengan protein tinggi maka sebaiknya berhati-hati saat menikmati kuliner ini karena dapat menyebabkan gatal-gatal yang disebabkan oleh kandungan protein yang ada pada belalang.

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)