Iklan

Serunya Mengunjungi Objek Wisata Air Terjun Kemenuh

EDY SYAM
Minggu, 12 Desember 2021, Desember 12, 2021 WIB Last Updated 2022-07-13T11:38:05Z

Air terjun Kemenuh atau yang biasa disebut Air Terjun Tegenungan memiliki tinggi kurang lebih 50 meter. Air terjun ini merupakan air terjun yang paling dekat dari kota Denpasar. Selain itu, air terjun ini juga satu-satunya air terjun yang lokasinya bukan di kawasan pegunungan. Air Terjun Kemenuh berada di Desa Kemenuh, Kecamatan Sukawati, Gianyar, Bali. Dari kota Denpasar hanya berjarak 30 Km atau 30 menit waktu perjalanan. Air Terjun memiliki air yang sangat bersih dan jernih sehingga bisa dibuat untuk mandi dan bermain air.

Wisata Air Terjun Kemenuh
Wisata Air Terjun Kemenuh

Selain itu, anda juga bisa menikmati pemandangan alam yang sangat indah di sekitar kawasan wisata Air Terjun Kemenuh. Pepohonan yang asri dan hijau membuat udara di lokasi ini sangat sejuk dan nyaman. Selain itu, di sekitar lokasi air terjun ini juga disediakan pemandian dengan pancuran yang airnya berasal dari mata air yang alami. Penduduk sekitar juga sering datang ke pemandian ini untuk memenuhi kebutuhan air di rumahnya. Biasanya, penduduk sekitar datang ke sini pada pagi dan sore hari.

Lokasi Air Terjun Kemenuh

Jika anda berangkat dari kota Denpasar maka anda harus mengarahkan kendaraan anda menuju Sukawati atau Gianyar. Setelah anda sampai di Pasar Seni Sukawati, maka anda bisa meneruskan perjalanan hingga sampai di perempatan jalan dan akan terlihat papan penunjuk arah ke Tegenunga. Nah.. dari perempatan tersebut belok kanan kurang lebih 1500 meter hingga sampai ke Air Terjun Kemenuh atau Tegenungan.

Untuk sampai ke Air Terjun Kemenuh atau Tegenungan, maka anda harus menyusuri anak tangga yang jumlahnya ratusan dan juga melewati bagian tepi Sungai Tukad Petanu. Mungkin, sewaktu menuju air terjun tidak akan terlalu capek. Nah.. ketika kembali ke parkiran pasti akan sangat terasa capeknya. Ya!! hitung-hitung olahraga lah supaya badan lebih sehat. Disekitar kawasan Air Terjun Kemenuh ini juga terdapat beberapa warung yang menjual makanan dan minuman ringan, sehingga anda tidak perlu takut kehausan ataupun kelaparan. Dari warung, anda juga bisa keindahan air terjun sambil menyantap makanan yang anda pesan.

Bagi anda yang gemar foto-foto, maka anda bisa berfoto ria di sekitar kawasan air terjun ini. Namun, sebaiknya anda datang di sore hari untuk mendapatkan foto yang bagus, karena air terjun ini menghadap ke barat, sehingga jika anda foto pada pagi hari maka cahaya matahari akan masuk ke dalam lensa kamera anda sehingga hasilnya akan terlihat sangat terang atau terlalu over light, sedangkan jika anda foto pada siang atau sore hari ketika matahari sudah mulai condong, maka gambar yang dihasilkan akan lebih jernih. Maka dari itu, jika anda berkunjung ke Bali maka anda wajib mengunjungi wahana wisata Air Terjun Tegenungan atau Kemenuh, sayang banget loh kalau sampai nggak dateng ke kawasan wisata ini.

Komentar

Tampilkan

  • Serunya Mengunjungi Objek Wisata Air Terjun Kemenuh
  • 0

Terkini Sehat

Close x