Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Makanan Khas Daerah Seluruh Indonesia

Makanan Khas Daerah Indonesia - Wilayah negara Indonesia mempunyai ribuan pulau yang terbentang dari Sabang hingga ke Merauke dengan berbagai suku bangsa dan etnis. Indonesia terdiri dari berbagai keragaman geografi dan suku bangsa yang menjadikan Negara Indonesia pada faktanya sangat kaya akan keragaman budaya dan tentunya tidak kalah juga untuk urusan budaya kuliner.

Makanan Khas Daerah Seluruh Indonesia

Karena dipisahkan oleh jarak yang jauh dengan keragaman tersebut akhirnya melahirkan aneka ragam makanan khas daerah seluruh Indonesia yang memiliki ciri khas masing-masing.

Tidak heran karena setiap suku dan etnis tentunya memiliki caranya sendiri dalam hal meracik bumbu dan menyajikan makanan. Jangankan suku, setiap orang saja bisa berbeda-beda ketika memasak baik karena urusan selera, turun-temurun dan sebagainya.

Sebagai contoh, orang Jawa pada umumnya biasa menambah gula pada setiap masakan yang sedang mereka siapkan sehingga rasanya pun cenderung manis. Bahkan sambalnya juga tidak begitu pedas seperti halnya orang Madura. Berbeda dengan orang Minang lagi, mereka tidak pernah menambahkan gula dalam masakan apakah itu gula pasir atau pun gula merah.

Pengaruh Kuliner di Indonesia

Budaya kuliner di Indonesia sendiri dipengaruhi oleh berbagai budaya asing. Indonesia dulunya dikenal sebagai pusat perdagangan sehingga banyak didatangi oleh para pedagang atau pun pelancong dari berbagai belahan dunia seperti Arab, Cina, India, dan Eropa.

Hal ini tentunya berkaitan dengan perdagangan rempah-rempah di Indonesia pada masa lalu. Sebagai contoh misalnya, masakan kari yang terkenal dari Aceh adalah hasil akulturasi budaya India dengan Indonesia.

Sebagai contoh lainnya, ada pula penggunaan tauco untuk beberapa masakan Jawa yang adalah pengaruh budaya Cina. Akulturasi beberapa budaya di Indonesia ini tentunya menambah kekayaan keragaman kuliner yang ada di Indonesia. Maka dari itu bisa dibayangkan ada berapa banyak jenis masakan tradisional di Bumi Nusantara. Semua budaya kuliner tersebut adalah warisan leluhur yang perlu terus dilestarikan oleh kita sebagai generasi penerus.

Perhatian pada Aneka Ragam Makanan Khas Daerah

Beberapa waktu terakhir ini pun dunia kuliner Indonesia mendapatkan perhatian masyarakat. Bahkan banyak impian orang untuk menjelajahi seluruh pelosok negeri guna menikmati makanan khas daerah seluruh Indonesia.

Mungkin ketika Anda mengetikkan info kuliner di mesin pencari maka Anda akan menemukan beragam blog yang membahas berbagai kuliner di Indonesia. Ini adalah salah satu bentuk cara melestarikan keragaman makanan khas daerah. Orang-orang menjadi lebih kenal dan bisa saja tertarik mencoba makanan khas tersebut.

Namun, Anda tidak perlu kuatir jika belum bisa mewujudkan impian untuk berkeliling ke seluruh pelosok negeri Indonesia dan menikmati berbagai masakan khas daerah tersebut. Mengapa? Salah satu generasi bangsa telah merangkumnya dalam sebuah buku berjudul “668 Resep Masakan Khas Nusantara dari 33 Provinsi”. Buku ini disusun oleh Yulia T. & Astuti Utomo yang mengajak Anda melakukan wisata kuliner ke seluruh Indonesia namun tidak harus bepergian jauh.

Terdapat berbagai kumpulan resep tradisional dari 33 provinsi di Indonesia yang bisa Anda coba. Masakan tersebut mulai dari menu utama, kudapan, hidangan sepinggan, sampai dengan minuman.

Tentunya semua resep masakan khas daerah tersebut punya bahan dasar berbeda-beda dengan bumbu yang berbeda-beda pula. Anda tentu tidak akan melewatkan ini ‘kan? Menikmati berbagai makanan khas daerah seluruh Nusantara di rumah dan bahkan mencoba untuk membuatnya sendiri. Resep ini pun bisa menjadi menu sehari-hari Anda di rumah agar semakin beragam setiap harinya. Selamat mencoba!

Posting Komentar untuk "Makanan Khas Daerah Seluruh Indonesia"