Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Aneka Ragam Makanan Khas Manado

Makanan khas Manado termasuk budaya kuliner Indonesia lainnya. Anda tentu tidak akan melewatkan menu-menu dari Manado, bukan? Ada aneka ragam makanan khas Manado dengan ciri khas rasa yang bakal meninggalkan bekas bukan hanya di lidah bahkan bakal nempel di hati Anda. Ini  mungkin dikarenakan pengalaman baru dalam menikmati berbagai santapan Manado. Kekhasan masakan ini sendiri tercipta dari sebuah kebiasaan masyarakat yang telah berlangsung lama sehingga menjadikan makanan mereka pun khas.

Aneka Ragam Makanan Khas Manado
Bubur Manado

Manado sendiri bisa dibilang kaya akan ragam makanan yang dapat membuang perut Anda kenyang dan lidah Anda terpuaskan. Mungkin bagi sebagian orang yang di luar Manado atau belum pernah datang ke Manado akan asing dengan berbagai menu tersebut. Namun, Anda tidak perlu kuatir karena tetap akan sesuai dengan lidah orang Indonesia.

Salah satu makanan yang menjadi ciri khas orang Manado adalah olahan babi, ini dikarenakan mayoritas di sana adalah Nasrani. Terdapat olahan babi khas Manado antara lain adalah babi kecap, babi garo, babi rica, babi putar, babi tore dan babi sayur leilem. Namun, bagi Anda yang Muslim tidak perlu kuatir pula karena terdapat aneka ragam makanan khas Manado yang halah. Berikut daftar yang harus Anda coba!

Ayam Tuturuga

Daging ayam memang dikenal dengan rasanya yang lezat dan cocok diolah memakai bumbu apapun, maka dari itu pula diolah lagi dengan cara Manado. Ayam tuturuga sendiri adalah salah satu makanan khas Manado yang paling dikenal. Hampir mirip dengan opor ayam namun tidak kuning pucat. Rasanya pun jauh lebih pedas daripada opor.

Ayam Isi di Bulu

Namanya saja cukup unik dan olahan pun seperti itu. Anda butuh bambu untuk memasaknya. Bambu ini digunakan untuk memanggang daging ayam. Memasaknya pun agak repot tapi dijamin rasanya sangat lezat. Bumbu dan bahan yang diperlukan adalah daging ayam, telur, daun bawang, air jeruk, cabai merah, bawang putih, cabai hijau, daun kemangi, dan jeruk, dan tomat yang masih hijau. Lalu semua bumbu ini akan dimasak bersama ayam, kemudian masakan tersebut dimasukkan ke dalam bambu atau bulu. Yang kemudian dipanggang.

Tinoransak Manado

Makanan khas Manado ini menggunakan olahan daging ikan tuna yang telah dibumbui bawang merah, rawit dan cabai hijau serta bumbu lainnya. Bumbunya antara lain adalah serai, daun kemangi, daun jeruk, daun kunyit, daun bawang, gula, garam, dan jahe. Ikan tuna tersebut digoreng lebih dahulu barulah diolah dengan bumbu. Anda pasti suka dengan olahan ini!

Sambal Dabu-Dabu Lilang

Sambal ini adalah sambal masyarakat Manado. Sambal dabu-dabu lilang ini berbeda dengan sambal daerah lainnya yang biasanya dihaluskan atau diulek, sambal dabu-dabu lilang cukup diiris-iris. Bahan yang digunakan pun cenderung berbeda dengan sambal lain pada umumnya. Terdapat bahan seperti cabai merah, cabai hijau, bawang merah, tomat, kemangi, garam dan perasan jeruk nipis. Sambal akan semakin mantap disantap dengan ikan bakar dan nasi hangat.

Bubur Manado

Tidak lengkap rasanya jika tidak membahas bubur manado. Bubur ini memang tidak begitu berbeda dengan bubur biasanya. Hal yang berbeda adalah campurannya yakni terdiri dari sayur-sayuran seperti jagung manis, bayam, labu kuning, kangkung, dan daun kemangi.

Anda akan menemukan pengalaman baru ketika mencicipi makanan khas Manado ini, khususnya yang belum pernah ke Manado. Selamat mencoba!

Posting Komentar untuk "Aneka Ragam Makanan Khas Manado"