Iklan

5 Tempat Wisata di Penajam Paser Utara yang Menarik Perhatian

EDY SYAM
Sabtu, 25 Desember 2021, Desember 25, 2021 WIB Last Updated 2022-07-13T11:38:05Z

Membahas ibu kota baru Indonesia di Kalimantan Timur, salah satunya daerah yang merupakan kabupaten yaitu Penajam Paser Utara yang akan menjadi lokasi sebagian ibu kota baru Indonesia menarik perhatian masyarakat yang masih belum terlalu mengenal di daerah – daerah di Kalimantan Timur. Nah kali ini Pariwisata Indonesia bagikan rekomendasi tempat wisata di Penajam Paser Utara bagi kamu yang ingin mengenal lebih dekat daerah Penajam Paser Utara.

1. Penangkaran Rusa Penajam

Penangkaran Rusa Penajam,Wahana Wisata
Penangkaran Rusa Penajam. Sumber : commons.wikimedia.org

Tidak kalah populer dengan penangkaran rusa di Ranca Upas Bandung, Penajam Paser Utara juga memiliki wisata penangkaran rusa. Cukup membayar tiket masuk Rp2000 – Rp5000, kamu bisa berdekatan dengan beragam rusa sampai memberi makan langsung. Sebagian besar rusa yang diternakan di sini adalah Rusa Sambar atau Cervus unicolor broolkei. Lokasinya berada di Jalan Provinsi KM 32, Desa Api – api, Kecamatan Waru dan persis di pinggir jalan menuju Kabupaten Grogot dan Banjarmasin.

2. Air Terjun Tembinus

Air Terjun Tembinus, Tempat wisata di Penajam Paser Utara, wahana wisata
Air Terjun Tembinus. Sumber : merdeka.com

Tempat wisata di Penajam Paser Utara selanjutnya ini juga disebut sebagai Niagara Tembinus. Untuk melihat dengan dekat air terjun ini dibutuhkan waktu kurang lebih 3 jam dari ibu kota kabupaten Penajam Paser Utara dan hanya bisa dikunjungi pada hari Sabtu dan Minggu sampai pukul 4 sore waktu setempat. Lokasi tepatnya berada kawasan hutan konservasi di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara. Meskipun untuk sampai di lokasi air terjunnya cukup memakan waktu dan tenaga, namun ketika sampai rasa lelah akan terbayar dengan keindahan Air Terjun Tembinus ini.

3. Taman Bunga Rozeline

Taman Bunga Rozeline
Taman Bunga Rozeline

Dekat dengan Kantor Bupati Penajam Paser Utara, bisa dibilang salah satu tempat wisata di Penajam Paser Utara jadi kawasan pusat berkumpulnya warga lokal. Taman ini bisa dikunjungi kapan saja dan tidak dikenakan biaya masuk. Ada banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan saat mengunjungi taman bunga ini. Mulai dari bersantai ria di gazebo – gazebo yang tersedia di taman, anak – anak bisa bermain di beberapa wahana permainan yang ada, atau sekadar berjalan – jalan santai mengitari taman yang hijau asri.

4. Ekowisata Mangrove Penajam

Ekowisata Mangrove Penajam, Tempat Wisata di Penajam Paser Utara
Ekowisata Mangrove Penajam

Kawasan ekowisata mangrove yang berfungsi untuk mencegah abrasi pantai juga menjadi daya tarik wisata di Kabupaten Penajam Paser Utara. Pengunjung juga bebas biaya masuk. Kamu bisa berjalan mengitari pohon mangrove melalui jalan panggung yang terbuat dari kayu sekaligus mengabadikan momen foto di sini. Kamu juga bisa menyaksikan beberapa hewan seperti burung yang berada di sekitar kawasan ekowisata ini.

5. Pantai Nipah Nipah

Pantai Nipah Nipah, Tempat Wisata di Penajam Paser Utara
Pantai Nipah Nipah

Kabupaten Penajam Paser Utara merupakan daerah yang sebagian besar dikelilingi laut. Jadi jika ke Penajam, wajib mampir ke salah satu wisata pantainya, Pantai Nipah Nipah. Pengunjung hanya dikenakan biaya tiket masuk dan parkir yang terjangkau. Bermain di tepi pantai pasir putihnya dan memandang birunya air laut dapat menyegarkan pikiran. Dari pantai ini para wisatawan bisa melihat kota Balikpapan dan juga terdapat spot – spot foto yang instagramable dan kekinian.

Itulah 5 rekomendasi tempat wisata di Penajam Paser Utara yang bisa dikunjungi. Mumpung ibu kota belum resmi pindah, jadi masih belum banyak dijelajahi dengan wisatawan dari luar Penajam.

Komentar

Tampilkan

  • 5 Tempat Wisata di Penajam Paser Utara yang Menarik Perhatian
  • 0

Terkini Sehat

Close x