Resep dan Cara Memasak Capcay Bakso Sedap dan Enak

0

Resep dan cara memasak capcay bakso yang bercita rasa sedap dan enak akan Wahana Wisata bagikan pada kesempatan ini sehingga bisa menjadi panduan Anda yang ingin belajar memasak capcay bakso sendiri. Capcay sendiri merupakan hidangan sehat karena banyak menggunakan sayuran dalam membuatnya. Masakan ini sudah sangat terkenal di Indonesia akan rasanya yang enak dan sedap dan biasa menjadi lauk makan. Masakan ini biasa disajikan dalam menu hidangan keluarga, pesta pernikahan, pesta ulang tahun atau acara kumpul keluarga. Cara membuatnya yang praktis dan rasanya yang enak menjadikan capcay sebagai hidangan yang dipilih ketika akan mengadakan suatu acara. Rasa masakan ini sangat cocok dengan lidah orang indonesia karena menggunakan bumbu dan rempah-rempah sehingga bercita rasa gurih dan sedap.

Capcay sendiri merupakan masakan yang berasal dari Thionghoa atau China, orang Thionghoa menyebut sayuran dengan capcay sehingga capcay yang dibuat umumnya menggunakan sayuran. Hal ini yang membuat capcay menjadi makanan sehat karena menggunakan sayuran yang banyak mengandung vitamin dan protein nabati yang dibutuhkan oleh tubuh. Meskipun umumnya terbuat dari sayuran capcay sendiri mengkombinasikan beberapa bahan makanan lainnya seperti bakso, udang, jamur atau daging.  Capcay bisa menjadi hidangan rutin dalam keluarga karena banyak varian dari capcay seperti capcay sederhana, capcay jamur, capcay udang dan lainnya. Rasanya yang enak tentunya menggugah selera dan menambah nafsu makan ketika menyantap hidangan yang ada di rumah.

Resep dan cara memasak capcay bakso
Capcay Bakso Enak dan Lezat

Pada dasarnya capcay dibuat dari bahan yang beragam lanyaknya gado-gado yang menggunakan banyak bahan dalam pembuatannya. Variasi bahan inilah yang membuat capcay memiliki beberapa variasi seperti yang kami sebutkan sebelumnya. Bakso sendiri adalah bahan yang menjadi favorit dalam membuat capcay sehingga dinamakan capcay bakso. Ada juga yang menambahkan sosis untuk melengkapi capcay bakso ini, oleh karena itu Anda juga bisa menambahkan sosis pada capcay bakso yang akan dibuat. Walaupun menggunakan banyak bahan tetap membuat capcay yang dimasak memiliki rasa yang enak, gurih dan sedap dan akan membuat lidah Anda merasakan nikmat ketika menyantap capcay ini.

Nah pada kesempatan yang baik ini Wahana Wisata akan bagikan kepada Anda semua bagaimana cara memasak capcay bakso sekaligus resep yang digunakan untuk membuatnya. Untuk proses memasak capcay bakso ini tidak sulit bisa dibilang praktis dalam membuatnya karena bahan dan bumbu yang digunakan mudah didapatkan dan cara memasaknya cukup sederhana. Bahan yang digunakan untuk membuat capcay bakso diantaranya adalah bakso sapi, wortel, kembang kol, sawi, jagung, jamur, udang dan tomat. Sedangkan untuk bumbu yang digunakan untuk membuat capcay bakso adalah bawang merah, bawang putih, merica, cabe dan cabai. Bumbu yang digunakan adalah bumbu dapur yang umum digunakan untuk memasak hidangan di dapur. Untuk resep capcay bakso dan bahan serta bumbu yang digunakan secara lengkap bisa dilihat di bawah ini.

Bahan-Bahan Yang dibutuhkan

  • 10 buah bakso sapi, dipotong serong tipis-tipis.
  • 10 buah wortel, dipotong serong tipis-tipis.
  • 100 gram kembang kol, iris tipis-tipis.
  • 10 gram sawi, potong-potong.
  •  3 buah jagung manis muda, potong ukuran sedang saja.
  • 100 gram udang segar.
  • 100 gram jamur, potong-potong.
  • 2 buah tomat, potong-potong.
  • Garam secukupnya.
  • Gula pasir secukupnya.
  • Penyedap rasa secukupnya.
  • Air bersih secukupnya.
  • Minyak goreng untuk menumis secukupnya.

Bumbu Yang dihaluskan

  • 3 siung bawang putih.
  • 5 butir bawang merah.
  • 3 butir kemiri sangrai.
  • 2 buah cabe merah besar.
  • 1/4 sendok teh merica bubuk.

Cara Memasak Capcay Bakso

  1. Langkah pertama dalam membuat capcay bakso adalah mencuci semua sayuran yang sudah dipotong-potong kemudian tiriskan.
  2. Selanjutnya tumis bumbu yang sudah dihaluskan menggunakan minyak goreng secukupnya hingga tumisan mengeluarkan aroma harum.
  3. Selanjutnya tambahkan sedikit air kemudian masak sampai mendidih.
  4. Masukan semua sayuran yang telah dipotong-potong, bakso, jamur dan aduk-aduk lalu masak sayuran sampai layu.
  5. Tambahkan garam, penyedap rasa, gula pasir dan merica bubuk secukupnya kemudian aduk sampai merata.
  6. Masak capcay hingga matang dan kuah menyusut selanjutnya matikan api dan angkat.
  7. Capcay bakso siap disajikan.

Dalam memasak capcay jangan sampai terlalu matang karena membuat protein dan vitamin dalam sayuran banyak menghilang, selain itu memasak capcay terlalu matang akan membuat capcay nampak tidak segar dan kurang selera dalam mencobanya. Masak capcay hingga sayuran matang dengan perkiraan layu matang. Artinya ketika sayuran layu dan matang segera angkat dan sajikan. Jangan sampai membiarkan capcay terlalu matang karena rasanya juga akan berubah tidak terlalu enak dan tidak menggoda selera. 

Sajikan capcay bakso dengan nasi putih hangat dan lauk lainnya seperti tahu atau tempe, sambal sehingga akan membuat hidangan lebih lengkap dan istimewa. Hidangan istimewa dan spesial menggunakan capcay bakso akan membuat suasana makan dalam keluarga menjadi spesial. Silakan Anda coba resep capcay bakso yang kami bagikan untuk digunakan sebagai panduan belajar memasak capcay bakso sendiri.

Sampai di sini kita telah selesai membuat capcay bakso dengan mengikuti resep yang kami berikan. Kami berharap resep yang kami bagikan pada kesempatan ini dapat membantu Anda dalam belajar membuat atau memasak capcay bakso.

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)