Iklan

10 Tempat Wisata Kalimantan Timur Terbaru, Juga Instagramable

EDY SYAM
Jumat, 15 Juli 2022, Juli 15, 2022 WIB Last Updated 2022-07-16T05:04:46Z

Banyak tempat wisata Kalimantan Timur yang terkenal dan bisa kamu kunjungi bareng keluarga, sahabat bahkan orang terkasih.

Saat lelah bekerja, Kalimantan Timur seringkali jadi tempat yang aman guna melepas penat. Tidak hanya karena suasana yang sejuk dan asri, Kalimantan Timur yang merupakan bagian dari provinsi Kalimantan Timur di pulau Kalimantan ini juga menawarkan obyek wisata yang membuatnya seperti mesti dikunjungi.

Keindahan view alam Kalimantan Timur dan sekitarnya tidak lepas dari letak geografisnya yang ada di dataran tinggi dan dikelilingi oleh tiga gunung.

Anugerah berupa keindahan alam inilah yang akhirnya dikembangkan menjadi daya tarik wisata dan optimalkan lebih lanjut dengan menghadirkan kawasan wisata baru guna meningkatkan pesona wisata.

Menjamurnya penggunaan media social membuat tempat wisata Kalimantan Timur makin dikenal luas. Sejumlah pengembang juga menjajaki hobi traveling kaum milenial dengan mendirikan tempat wisata Kalimantan Timur.

Jika kamu salah satu yang lagi mencari referensi destinasi wisata di Kalimantan Timur, berikut ulasan beberapa tempat wisata di Kalimantan Timur terbaru dan terpopuler yang bisa kamu pertimbangkan untuk kunjungi.

10 Tempat Wisata Kalimantan Timur Terbaru, Juga Instagramable

Berikut deretan tempat wisata Kalimantan Timur yang lagi hits di kalangan traveler milenial serta instagramable:

1. Taman Bekapai

Alamat: Jalan Jend. Sudirman, Klandasan Ulu, Balikpapan Kota
Jam Buka: Setiap hari 24 Jam
Nomor Telepon: 0822 5518 8000
HTM: Gratis

Taman Bekapai merupakan taman kota kebanggaan warga Balikpapan, tidak jauh dari Masjid Raya, Mompela dan Pantai Melawe.

Taman ini semakin indah untuk dikunjungi pada malam hari karena terdapat air mancur yang menyalakan lampu warna-warni yang indah.

Letak Taman Bekapai yang strategis di tengah kota membuat tempat ini banyak dikunjungi oleh anak muda dan beberapa wisatawan.

Beberapa warung makan dan penjaja kuliner lainnya berjejer di belakang taman sebagai referensi wisata kuliner khas Balikpapan.


2. The Plaza Balikpapan

Lokasi: Jalan Jenderal Sudirman No.1, Klandasan Ilir
Jam Buka: Setiap hari 24 Jam
Harga Tiket Masuk: Gratis

Plaza Balikpapan adalah salah satu pusat perbelanjaan dari grup perusahaan Agung Podomoro, dan pengunjung dari Jakarta pasti sudah tidak asing lagi dengan yang satu ini.

Mal ini memiliki tiga lantai, dan isinya seperti pusat perbelanjaan, dengan KFC, Bioskop CGV Blitz, Matahari Department Store, Hypermart dan banyak lagi.

Plaza paling terkenal di Balikpapan ini bisa menjadi pilihan lain bagi wisatawan untuk berbelanja atau berbelanja secara modern. Mall ini dibangun sejak tahun 1992, sehingga menjadi salah satu mall tertua dan terpopuler di Balikpapan.


3. Klenteng Guang De Miao

Alamat: Jalan Pasar Baru, Klandasan Ilir
Jam Buka: Disesuaikan jadwal ibadah
Tarif Gratis

Salah satu tempat wisata terpopuler yang wajib dikunjungi bagi wisatawan yang ingin berwisata religi di kota Balikpapan adalah Candi Guangde.

Kuil ini berusia lebih dari satu abad dan dibangun pada tahun 1915 sebagai pusat peribadatan bagi komunitas Konghucu di Kalimantan Timur.

Awalnya, pagoda ini dibangun oleh imigran Tionghoa yang merupakan pekerja kontrak untuk sebuah perusahaan minyak Belanda.

Disarankan untuk mengunjungi pagoda ini selama festival besar Tiongkok seperti Tahun Baru Imlek, karena ada perayaan yang sangat meriah seperti pertunjukan barongsai untuk wisatawan yang berkunjung.


4. Kebun Raya Balikpapan

Alamat: Jalan Soekarno Hatta Km. 15, Karang Joang
Jam Buka: Belum ditentukan
HTM: Gratis

Kebun Raya Balikpapan sebenarnya sudah dibuka sejak tahun 2014, namun masih kekurangan pengelolaan dari pemerintah. Harga tiket masuk menunjukkan hal tersebut, dan sejauh ini belum ada yang dipungut biaya, dan pengunjung cukup mengisi buku tamu.

Namun keindahan kebun raya ini memanjakan mata, dengan lebih dari 1.200 jenis tumbuhan.

Terdapat juga beberapa paviliun dan gubuk bagi pengunjung untuk beristirahat atau duduk bersantai di dekat Kebun Raya Balikpapan.


5. Karang Joang Golf and Country Club

Alamat: Jalan Soekarno Hatta KM. 5,5, Karang Joang
Buka / Tutup: Setiap hari pukul 05.00 – 17.00
Nomer telp: 054 2566 5846
HTM: Ditentukan saat reservasi

Karang Joang Golf and Country Club adalah lapangan golf dengan hotel atau resort modern dalam bahasa Inggris.

Bagi wisatawan yang hanya ingin bermain golf, menikmati santapan di restoran kelas atas, dan menginap di resor mewah, itu bisa dilakukan di sini.

Lapangan golf ini sendiri sudah dikenal masyarakat internasional karena semakin banyak turis asing yang mampir ke sini.

Sementara itu, seiring dengan wisatawan yang ingin bermain golf, suasana di sini masih dipenuhi dengan tanaman hijau yang asri.


6. Pantai Banua Patra

Alamat: Prapatan
Jam Buka: Setiap hari 24 Jam
HTM: Gratis

Pantai Banua Patra menjadi tempat wisata yang tak kalah populer di kawasan Balikpapan pada tahun 2022. Apalagi di malam hari, semakin banyak wisatawan yang datang, karena sunset di sini sangat indah.

Uniknya, Pantai Banua Patra sering disebut sebagai pantai berbatu karena puluhan formasi batuan alam yang membentuk pulau-pulau di lepas pantai.

Oleh karena itu, wisatawan tidak diperbolehkan berenang di kawasan ini karena terdapat ratusan bebatuan yang sangat curam dan licin di sekitar pantai.


7. Pantai Kemala atau Pantai Polda

Alamat: Jalan Sudirman
Jam Buka: Setiap hari 24 Jam
HTM: Gratis

Tak perlu khawatir jika Pantai Banua Patra melarang wisatawan untuk berenang atau menyelam, karena ada Pantai Kemara atau yang biasa disebut Pantai Porda.

Pantai ini bernuansa Bali, dengan pasir putih yang lembut dan jernih serta ombak yang sangat kecil, ditemani banyak pohon kelapa, menambah eksotisme tempat tersebut.

Di pantai ini, berbagai wahana air seperti Banana Boat, Jet Ski, Outbound dan Flying Fox juga tersedia dengan harga Rp 25.000 per orang.

Pantai Kemara bisa ramai pada sore hari karena persewaan banana boat sendiri baru buka pada pukul 4 sore.


8. Tugu Australia

Alamat: Prapatan
Jam Buka: Setiap hari 24 Jam
HTM: Gratis

Monumen Australia sendiri merupakan salah satu alternatif wisata sejarah Balikpapan, tempat yang menjadi saksi bisu Perang Dunia II.

Monumen itu sendiri sebenarnya dibangun oleh pemerintah Australia untuk mengenang para pahlawan Australia yang gugur dalam Perang Perlawanan Melawan Agresi Jepang.

Keunikan dari monumen ini adalah bentuk bangunannya yang tidak terlalu tinggi, disertai dengan berbagai tanaman bunga di sekitar monumen.

Setiap tahun pada tanggal 25 April, perwakilan dari Kedutaan Besar Australia di Jakarta akan mengadakan upacara penghormatan di Tugu Australia Park di Prapatan.


9. Pantai Monpera

Alamat: Jalan Jenderal Sudirman, Klandasan Ulu
Jam Buka: Setiap hari 24 Jam
HTM: Gratis

Bersebelahan dengan Monumen Monpela, pantai ini merupakan salah satu destinasi wisata sejarah yang sering dikunjungi wisatawan saat berwisata di Balikpapan.

Pantai ini memiliki garis panjang pasir putih lembut, meskipun airnya memang tidak terlalu jernih karena Balikpapan sendiri adalah kota minyak.

Matahari terbenam di sini sangat indah, sehingga banyak orang berkumpul untuk berfoto di sore hari.

Untungnya Pantai Montpela tidak seramai Pantai Kemara, sehingga suasana akan lebih santai saat mengunjungi pantai ini.

Keunikan dari Tugu Perjuangan Rakyat di sini adalah lokasi Xintan menjadi objek wisata yang terkenal. 


10. Pantai Melawai

Alamat: Jalan Pelabuhan Semayang, Prapatan
Jam Buka: Setiap hari 24 Jam
HTM: Gratis

Pantai lain adalah tempat pertemuan banyak anak muda di Balikpapan karena pantai ini tidak terlalu jauh dari pelabuhan Semayang.

Pantai ini tidak memiliki pasir putih yang landai karena merupakan pantai yang curam dengan banyak bebatuan alam di sekitarnya.

Kapal atau perahu yang ingin berlabuh di Pelabuhan Semayang terdekat juga terkadang melewati Pantai Melawe. Nah, cukup menarik untuk dikunjungi bukan?

Ada beberapa hotel dan kafe atau tempat makan yang menarik di sekitar Pantai Melawai, dan karena jarak dari kota juga dekat, ada juga gedung perkantoran di kawasan ini.

Di atas beberapa rekomendasi tempat wisata Kalimantan Timur untuk memodifikasi kendaraan kamu. Tentu, Kamu wajib mempertimbangkan informasi di atas untuk memilih bengkal mana yang kira-kira tepat.

Sudah menemukan tempat wisata Kalimantan Timur pilihan?

Itulah beberapa destinasi tempat wisata Kalimantan Timur terbaru, terfavorit juga instagramable untuk kamu kunjungi. Ini baru 10, padahal Kalimantan Timur mempunyai banyak sekali destinasi wisata yang bisa jadi tempat self healing kamu. So, mau pergi ke mana dulu nih?

Ada saran lain? Teman-teman bisa komentar di bawah!

Catatan: Semua info di atas merupakan informasi yang terbaru ketika penulisan. Jika Kamu melihat perubahan terbaru, silakan beri tahu kami untuk dapat segera koreksi.

Bagi Teman-teman Pemilik bisnis Kalimantan Timur yang ingin tampil di artikel di atas, silakan isi pada kolom komentar. Isi informasi: alamat, nomor telp, WA dan info pendukung dan lainnya.

Komentar

Tampilkan

  • 10 Tempat Wisata Kalimantan Timur Terbaru, Juga Instagramable
  • 0

Terkini Sehat

Close x