Iklan

Inilah Serba Serbi Kuliner Unik Indonesia

EDY SYAM
Kamis, 14 Juli 2022, Juli 14, 2022 WIB Last Updated 2022-07-15T04:03:48Z

Kuliner Unik Indonesia
Kuliner Unik Indonesia

Wisata Kuliner Unik dan Menarik yang Patut di Cobain

Kuliner unik di Indonesia dapat ditemukan di berbagai daerah di Nusantara. Semua jenis kuliner tersebut sesuai dengan karakter dan budaya lokal setempat.

Kuliner Unik – Indonesia memiliki kekayaan alam dan budaya yang luar biasa banyaknya. Negeri dengan ribuan pulau dan ratusan suku ini juga memiliki kekayaan nusantara yang luar biasa. Jika Anda menyukai jenis kuliner Indonesia, anda akan menemui beberapa jenis masakan yang sangat khas daerah di indonesia.

Keunikan jenis masakan di Indonesia tak bisa lepas dari kultur dan budaya masyarakat setempat. Karena adanya berbagai perbedaan budaya dan kultur itulah kuliner unik banyak kita temui di Indonesia. Bahkan racikan masakan khas nenek moyang yang turun temurun juga dilestarikan untuk memperkaya kekayaan budaya Nusantara.

Berbagai Kuliner Unik Khas Nusantara yang menarik untuk di ketahui:

1. Gulai Siput

Gulai siput
Gulai Siput

Kuliner unik yang satu ini berasal dari Riau. Mungkin di beberapa bagian di daerah Indonesia siput digunakan sebagai pakan ternak bebek. Untuk daerah Riau siput diolah menjadi sebuah kuliner yang lezat yaitu gulai siput.

Gulai siput adalah salah satu jenis kuliner yang unik khas masyarakat Tanjung Pinang Riau. Berdasarkan bahasa adat Tanjung Pinang siput sering disebut dengan istilah “cipuik” sedang untuk bahasa melayu sering disebut rokan atau lengkitang.

2. Tempoyak

Kuliner Unik Sambel Tempoyak
Sambel Tempoyak

Tempoyak adalah sebuah nama untuk jenis kuliner yang berasal dari fermentasi buah durian. Kuliner unik yang satu ini banyak kita jumpai di daerah jambi, palembang dan bengkulu. Kuliner nusantara yang unik satu ini biasanya dimasak dengan beberapa campuran bahan untuk di buat sambal.

Wisata Kuliner Unik

Biasanya tempoyak di buat seperti sambal goreng. Penyajian sehari hari tempoyak di gunakan sebagai sambal untuk santapan makan.

3. Papeda

Kuliner Unik Papeda
Papeda

Kuliner unik yang satu ini datang dari seberang timur Indonesia. Papeda adalah makanan khas nusantara yaitu papua dan maluku. Papeda terbuat dari tepung sagu yang di buat menjadi semacam bubur. Tepung ini berasal dari bonggol pohon sagu yang kemudian diambil pati atau tepungnya.

Tepung sagu inilah yang kemudian dijadikan menjadi bahan papeda. Papeda biasanya disantap seperti menjadi nasi. Menyantap papeda paling cocok jika ditemani dengan kuah kuning dari ikan tongkol ataupun ikan mubara. Aroma kunyit dan jeruk nipis dari kuah tersebut sungguh menggugah selera.

4. Pendap

Kuliner Unik Pendap
Pendap

Makanan khas bengkulu yang satu ini merupakan jenis kuliner unik yang menjadi incaran wisatawan jika berkunjung ke bengkulu.

Resep kuliner unik yang terkenal di bengkulu ini merupakan campuran dari berbagai bahan rempah rempah. Rempah yang digunakan antara lain bawang , kencur, cabe giling dan kemudian dicampur dengan kelapa muda kemudian di beri sepotong ikan.

Bungkusnya menggunakan daun talas. Memasak pendap membutuhkan waktu kira kira hingga 8 jam agar semua bumbu meresap ke dalam ikan.

5. Plecing Kangkung

Kuliner Unik Plecing Kangkung
Plecing Kangkung

Mungkin anda sudah familiar dengan oseng kangkung, untuk yang satu ini mungkin anda harus mencobanya.

Plecing kangkung adalah kuliner unik khas bali dan lombok. Plecing kangkung biasanya disajikan bersama dengan ayam taliwang yang terkenal sangat lezat dan gurih. Plecing kangkung merupakan kangkung yang di rebus kemudian setelah dingin disajikan bersama sambal tomat.

Kuliner unik dan menarik dari plecing kangkung ini adalah bahan yang di gunakan untuk sambal tomat selain cabai, garam, terasi dan tomat adalah adanya jeruk limau. Aroma jeruk limau membuat sambal ini terasa segar dan pedas. Jenis kangkung yang digunakan untuk plecing kangkung yang satu ini juga berbeda dari yang biasanya dimasak atau kangkung jawa biasa. Kangkung yang digunakan adalah kangkung yang hidup di perairan atau sungai.

Cara penanaman kangkung jenis ini juga menggunakan metode tertentu. Oleh karena itu biasanya kangkung yang di masak untuk plecing memiliki ciri khusus batang yang besar akan tetapi rasanya renyah.

Komentar

Tampilkan

  • Inilah Serba Serbi Kuliner Unik Indonesia
  • 0

Terkini Sehat

Close x