Iklan

Wah, Ternyata Ini 5 Air Terjun di Medan yang Cantiknya Bikin Pengen Balik Lagi!

EDY SYAM
Rabu, 22 Desember 2021, Desember 22, 2021 WIB Last Updated 2022-07-13T11:38:05Z

Cariers, ingin wisata alam di Medan? Ada banyak tempat yang bisa kamu kunjungi. Salah satunya adalah wisata alam air terjun. Untuk kamu yang ingin mencari referensi air terjun terbaik di Medan, berikut ini adalah beberapa air terjun di Medan yang cantiknya kebangetan sampe-sampe bikin kamu pengen balik lagi!

1. Air Terjun Pelaruga

Salah satu air terjun di Medan yang tercantik adalah Air Terjun Pelaruga. Air terjun ini merupakan sebuah tempat wisata yang berlokasi di Desa Rumah Galuh, Langkat, Binjai. Air terjun ini merupakan salah satu yang terbaik dan banyak pengunjungnya. Air Terjun Pelaruga disebut sebagai salah satu wisata air terjun terbaik karena memiliki akses yang sudah cukup baik. Jalan yang akan kamu tempuh ketika berwisata ke sini sudah baik tapi tetap perlu berhati-hati ketika kamu akan berkunjung ke daerah ini. Pasalnya meski jalanannya sudah bagus tapi jalan untuk menuju ke Air Terjun Pelaruga ini tetap berkelok-kelok. Selain itu jalanan menuju ke tempat ini juga merupakan jalanan yang langsung bertepian dengan jurang sehingga diperlukan kehati-hatian yang ekstra.

Air Terjun Pelaruga
Air Terjun Pelaruga

Satu tips lagi untuk kamu yang akan datang ke tempat ini. Tips tersebut adalah mengenai barang yang kamu bawa. Ketika kamu berwisata pastikan kamu tidak membawa terlalu banyak barang. Membawa terlalu banyak barang akan menyebabkan rasa lelah sehingga kamu tidak dapat menikmati perjalanan dan wisata kamu di Air Terjun Pelaruga ini.

2. Air Terjun Dua Warna

Air terjun di Medan selanjutnya yang akan kita bahas adalah Air Terjun Dua Warna. Air Terjun Dua Warna adalah salah satu tempat wisata air terjun yang terbaik yang ada di Medan. Lokasi dari tempat wisata ini adalah di Kabupaten Deli Serdang, Sumatra Utara. Keindahan merupakan daya tarik utama dari Air Terjun Dua Warna ini. Disebut sebagai Air Terjun Dua Warna karena air yang mengalir dari atas memang terlihat memiliki 2 warna atau dwi warna. Air terjun ini sendiri memiliki ketinggian sekitar 1270 meter di atas permukaan laut. Hal inilah yang menjadi salah satu penyebab perbedaan warna pada air yang jatuh dari atas.

air terjun di Medan, Air Terjun Dua Warna
Air Terjun Dua Warna. Sumber: portalwisata.co.id

Perbedaan warna di Air Terjun Dua Warna ini bisa dilihat dari kucuran air yang berasal dari atas dan juga air yang jatuh ke bawah. Di atas air memiliki warna yang sedikit keabuan sedangkan pada saat air jatuh, air memiliki warna kebiruan. Selain dua warna yang dimilikinya, Air Terjun Dua Warna ini juga populer karena air jernih yang dimilikinya. Untuk sumber airnya, air terjun ini merupakan air yang bersumber dari Gunung Sibayak sehingga air masih jernih dan terasa menyegarkan.

3. Air Terjun Sampuren Putih

Air terjun di Medan selanjutnya adalah Air Terjun Sampuren Putih. Tempat wisata air terjun ini berlokasi di Kabupaten Deli Serdang, tepatnya di Negri Gugung, Sibolangit, Sumatra Utara. Kawasan air terjun ini merupakan salah satu air terjun yang cukup populer. Keindahan alam yang dimilikinya masih sangat alami karena belum banyak tersentuh wisatawan. Kelebihan lain yang dimiliki oleh Air Terjun Sampuren Putih ini merupakan aliran airnya yang cukup deras meski ketinggian air terjun tidak terlalu besar.

air terjun di Medan, Air Terjun Sampuren Putih, Wahana Wisata
Air Terjun Sampuren Putih. Sumber: pariwisatasumut.net

Meski memiliki ketinggian yang tidak terlalu jauh tapi sebaiknya Cariers menghindari kegiatan berenang atau mandi di sekitar air terjun. Hal ini disebabkan karena di bawah area air terjun palung yang dimiliki sangat dalam dan karena airnya deras gelombang air yang ada di bawah air terjun menjadi sangat ganas. Banyak orang yang mengabaikan peringatan ini dan berakhir mengalami kecelakaan yang tidak diinginkan, oleh karena itu sebaiknya lihat keindahannya dari kejauhan dan nikmati kesegaran air dari sungai alirannya saja.

4. Air Terjun Sikulikap

Untuk kamu yang berada di daerah Karo, kamu juga bisa melihat keindahan air terjun di sini. Salah satu air terjun yang bisa anda temukan di Daerah Karo ini adalah Air Terjun Sikulikap. Lokasi tepat dari air terjun di Medan yang satu ini adalah di Desa Soulu, kabupaten Tanah, Berastagi, Karo.

Air Terjun di Medan,Air Terjun Sikulikap, Wahana Wisata
Air Terjun Sikulikap. Sumber : aksara.co

Kelebihan yang dimiliki oleh Air Terjun Sikulikap ini adalah airnya yang jernih. Sayangnya jalur yang digunakan untuk menuju tempat ini masih kurang diperhatikan sehingga ketika ada longsoran tanah lebih sering menyebabkan jalur tidak bisa diakses. Oleh karena itu untuk kamu yang berniat untuk berwisata di tempat ini harus selalu berhati-hati dan waspada di sepanjang jalan.

5. Air Terjun Teroh-Teroh

Air terjun di Medan yang terakhir yang sangat direkomendasikan karena kecantikannya adalah Air Terjun Teroh-Teroh. Air terjun ini sering juga disebut sebagai kolam abadi. Lokasi dari Air Terjun Teroh-Teroh ini ada di Daerah Rumah Galuh, Langkat, Sumatra Utara.

air terjun di Medan, Air Terjun Teroh-Teroh, Wahana Wisata
Air Terjun Teroh-Teroh. Sumber: pinhome.id

Keindahan dari Air Terjun Teroh-Teroh ini adalah airnya yang sangat jernih dan memiliki biaya masuk yang sangat murah. Oleh karena itu untuk kamu pecinta alam, wajib mengunjungi air terjun cantik di Medan yang satu ini.

Itu dia 5 air terjun di Medan yang cantiknya kebangetan, bikin kamu yang berkunjung ke sana mau balik lagi! Penasaran mau berkunjung ke mana dulu nih, Cariers? Share di kolom komentar ya!

Komentar

Tampilkan

  • Wah, Ternyata Ini 5 Air Terjun di Medan yang Cantiknya Bikin Pengen Balik Lagi!
  • 0

Terkini Sehat

Close x